Tabanan (Antara Bali) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-523 Kota Tabanan, Bali dilakukan secara terpencar di seluruh kecamatan daerah itu dengan harapan mampu memberikan ruang bagi usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), terutama berbasis ekonomi kreatif.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan hal itu ketika menghadiri Pesta Rakyat serangkaian peringatan HUT Kota Tabanan di Kecamatan Selemadeg Barat, Jumat.

Ia mengatakan, pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Saat memantau stan-stan pameran di areal Pesta Rakyat, Bupati Eka sempat memberikan apresiasi terhadap stan kerajinan batok kelapa milik Kelompok Tani (Poktan) Satwa Amerta dari Desa Mundeh.

Ia menambahkan, sebetulnya banyak UMKM dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Selemadeg Barat mempunyai produk bagus-bagus. Mereka berusaha masuk ke ranah ekonomi kreatif.

Untuk itu UMKM dan seluruh BUMDes tersebut diajak koordinasi dan komunikasi, sehingga produk yang dihasilkan mampu menembus pasaran dalam dan luar negeri.

Ia mengajak pelaku UMKM untuk meningkatkan produksi dalam berbagai jenis rancang bangun (desain).

Bupati Eka juga mengingatkan pelaku UMKM tersebut meningkatkan promosi dengan mengikuti berbagai ajang pameran, baik di tingkat lokal Tabanan, Bali maupun tingkat nasional.

"Makanya saya minta agar BUMDes yang ada dipantau. Agar bisa maju dan sukses. Kalau bisa berikan juga kesempatan mereka untuk pameran," ujar Bupati Eka.

Camat Selemadeg Barat I Gede Ketut Suyana Putra melaporkan kegiatan Pesta Rakyat diawali dengan parade budaya melibatkan para siswa dan seniman.

Selain itu juga disuguhkan pagelaran kesenian dan kegiatan lainnya untuk menghibur masyarakat setempat. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016