Singaraja (Antara Bali) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mengajak pengurus PKK di daerah itu mendukung berbagai jenis program kesehatan pemerintah menuju kabupaten sehat pada 2017.

"Kader PKK di semua jenjang harus meningkatkan perannya dalam upaya untuk meningkatkan Kesehatan," kata Bupati Agus Suradnyana di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Rabu.

Ia mengatakan, tugas PKK adalah memberikan motivasi, mendorong dan menggerakan masyarakat agar ikut berperan dalam pelaksanaan program kesehatan ibu dan anak.

Agus juga menambahkan, kedepan sangat penting di masyarakat untuk ikut membantu, mendorong dan menggerakkan masyarakat dalam program kesehatan ibu dan anak.

Ditambahkan, kegiatan penilaian KKG-KB Kesehatan adalah tolak ukur keberhasilan kader PKK memaksimalkan perannya. Bupati yang dikenal murah senyum ini secara khusus memberikan apresiasi kepada Tim dan TP-PKK Kabupaten Buleleng atas inisiatif program PKK KB-Kes yang dilaksanakan secara rutin. Hal itu berdampak besar pada peningkatan pembangunan sumber daya manusia di Buleleng.

Bupati PAS berharap penilai yang dilakukan oleh Tim jangan hanya sekedar mengakumulasi angka-angka, akan tetapi lebih menekankan dalam bentuk pembinaan. "Kami berharap Desa temukus khusunya kecamatan Banjar lebih baik dari kecamatan yang lain yang ada di Buleleng," tuturnya

Sementara itu, Ketua TP PKK Buleleng, Nyonya Aries Suradnyana menjelaskan, penilaian Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten tahun 2016 diikuti seluruh kader terbaik di masing-masing PKK Kecamatan.

Kader PKK yang dinilai nantinya harus memenuhi empat syarat penilaian seperti dari hasil pencapaian program KB Kesehatan, posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat serta lingkungan bersih dan sehat.

"Kegiatan KB Kesehatan ini sangat penting sekali. Selain menyehatkan, juga mensejahterakan masyarakat. Dengan berhasilnya KB Kesehatan, tentu akan menjadikan masyarakat dengan keluarga yang berkualitas, sehat dan pencapaian KB nya yang baik. Maka untuk itu, dari seluruh kategori penilaian, akan dicarikan pemenangnya untuk mewakili Buleleng ke tingkat Provinsi," jelas Aries Suradnyana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016