Negara (Antara Bali) - Yayasan Markandeya Yoga Indonesia kembali berpartisipasi dalam peringatan Ulang Tahun ke 121 Kota Negara yang dikemas dengan Jembrana Festival. Tahun 2015 lalu, Yayasan yang dipimpin oleh IGAN. Dian Martika juga memberikan pelatihan yoga singkat kepada masyarakat Jembrana. Sabtu (27/8) pagi Dian Martika yang hadir bersama Guru Made Sumantra meberikan pelatihan olahraga yang sarat dengan nilai spiritual dan kebugaran jiwa kepada masyarakat Jembrana di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana.

Selain diikuti oleh masyarakat umum, senam yoga ini juga diikuti oleh kalangan pendidik dan Aparatus Sipil Negara di Kabupaten Jembrana. Peserta senam yoga memenuhi aula GKBK Jembrana sayap barat dengan perlengkapan matras yang dibawanya masing-masing. Menurut Guru Made Sumantra, yoga sejatinya merupakan penyatuan cipta, rasa dan karsa yang melibatkan seni olah tubuh, pikiran dan jiwa. Namun  sekarang berkembang menjadi kegiatan olahraga. Olah pikiran dikenal sebagai meditasi dan olah jiwa mengarah pada kegiatan budaya dan spiritualitas. Hal inilah yang kemudian Yoga tersamarkan dan salah persepsi seolah kegiatannya ada di Agama tertentu. “ Yoga adalah tuntunan kehidupan yang bersifat universal “ sebut Made Sumantra.

Sementara itu IGAN Dian Martika menyebutkan, masyarakat tidak perlu takut dan khawatir untuk melakukan yoga. Sebab dijelaskan Dian Martika, yoga bukanlah ilmu mistik untuk membuat orang menjadi sakit. Yoga adalah ilmu yang realistis yang mampu bersinergi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait dengan masalah materi, energy, frekuensi dan vibrasi. Martika berkeyakinan dengan melakukan yoga secara teratur, racun-racun dalam tubuh bisa dikuras, sehingga energy yang dimiliki manusia menjadi seimbang dan harmonis.

Sejumlah gerakan olah nafas, perut, jiwa dan pikiran diberikan dalam latihan yoga tersebut. Sejumlah peserta nampak tidak mampu mengikuti gerakan yang dicontohkan dengan sempurna. Meski begitu baik Dian Martika maupun Made Sumantra tidak mempersoalkan hal itu, karena mungkin peserta tersebut baru pertama kali mengikuti. Ratna salah seorang peserta Yoga menyebutkan, beberapa jam mengikuti yoga, badan terasa ringan, pikiran juga lebih tenang. Hanya saja Ratna mengakui, tidak semua gerakan bisa diikutinya. Ia berharap latihan Yoga dapat dilakukan seminggu sekali di GKBK Jembrana. (GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016