Karangasem (Antara Bali) - I Wayan Sarya, S.Pd, M.Ag, M.Pd, Kepala SMPN 1 Manggis, Karangasem mengaku bangga bisa meraih penghargaan berupa Lencana Widya Kusuma  yang diberikan langsung oleh Gubenur Bali I Made Mangku Pastika, pada Hari Jadi ke-58 Provinsi Bali dan Hari Pramuka Indonesia ke-55 tahun 2016 di Lapangan Renon Denpasar, Minggu (14/8).

Ia yang menerima predikat sebagai tokoh Pendidikan Bali 2016, tentu berkat dalam melaksanakan tugas selalu displin dan ikhlas sehingga penghargaan yang diterimanya menjadi tanggungjawab dalam meningkatkan kualitas diri dan pendidikan Bali yang dimulai dari lingkungan sekolah yang dipimpinnya.

Sarya, Bapak dari dua putra ini sukses sebagai penerima gelar Lencana Widya Kusuma, karena sebelumnya juga sudah mengkoleksi predikat sebagai sebagai Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2009.

Di samping itu ia juga menyandang sebagai Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015, dan di bidang karya tulis keluar sebagai juara dua Tingkat Nasional dan Juara dua Tingkat Provinsi Bali.

Penghargaan ini dipersembahkan juga kepada semua komponen SMPN 1 Manggis yang sudah mendukung penuh program-program yang dirancang maupun dalam penerapannya sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan.

Hal itu dibuktikan dengan aktif mengikuti semua jenis perlombaan yang diselenggarakan baik tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi baik bidang akademik maupun non akademik.

"Saya sangat mengucapkan terima kasih yang setulusnya atas kerjasama yang telah dibangun oleh semua komponen SMPN 1 Manggis," ungkap Sarya suami dari Ni Wayan Parwati.

Ia yang menyandang Sarjana IHDN Denpasar 2007, juga mampu mengabdikan diri pada kegiatan sosial salah satu diantaranya selaku pembina Pramuka yakni sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Kapusdiklatcab) Gerakan Pramuka Karangasem yang dengan mendidik para calon-calon pelatih.  

Pria yang dinilai ulet dalam meniti kariernya ini bergelar S-2 Undiksha Singaraja tahun 2012, menerima penghargaan yang didapatnya melalui proses penilaian yang panjang. Mesti menyusun portofolio yang berisikan koleksi prestasi pribadi, anak didik, keluarga dan imbas kepada sekolah sekitarnya juga memiliki karya tulis dan sebagainya.
 
"Penilaian sangat ketat, selain prestasi akademis keberhasilan sangat ditentukan sejauh mana pengabdian sosial kepada masyarakat," kata dia menambahkan, sebab, dewan penilai mewawancarai kelian banjar, Prebekel, Wakasek, Pegawai Tata Usaha, OSIS, Disdikpora, tokoh masyarakat setempat dan dukungan PGRI kabupaten Karangasem.

Saat ini Sarya sedang menjalani Program Doctoral (S3) Jurusan Konsentrasi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di Undiksha Singaraja. Kedepan, diharapkan semua kompenen dapat selalu bekerjasama untuk meningkatkan prestasi anak didik dan menajukan lembaga pendidikan sesuai standar yang ditentukan.


BIODATA
Nama : I Wayan Sarya, S.Pd, M.Ag, M.Pd
Tempat/Lahir : Desa/Kecamatan Rendang, 25 Desember 1970
Istri : Ni Wayan Parwati
Anak : I Gede Respa Pranayoga Sativa dan I Gede Ressa Agustika Sativa
Alamat : BTN Graha Indah Gargita Blok I/20 Jalan Ahmad Yani Amlapura
Orang Tua : Jro Mangku Darta (alm) dan Ni ketut Buat
Pendidikan ; SDN 3 Rendang tahun 1983, SMPN 1 Selat tahun 1986, SMA Dwijendra Singaraja tahun 1989, Diploma III Jurusan Biologi FKIP Unud Singaraja tahun 1992, Sarjana Srata 1 STKIP Singaraja tahun 1994, S1 IHDN Denpasar tahun 2007, Pascasarjana Undiksha Singaraja tahun 2012.
(WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016