Singaraja, (Antara Bali) - Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng, Bali, menyatakan akan melibatkan puluhan nelayan pada perlombaan perahu layar objek wisata Pantai Kerobokan-Lovina.

"Kami mencatat total peserta sebanyak 103 tim dan puluhan diantaranya adalah para nelayan baik asal Buleleng maupun daerah lain di Pulau Dewata," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Buleleng, Made Arnika di Singaraja, Bali, Senin.

Menurut dia, lomba perahu layar akan digelar pada Selasa (9/8) dimana kegiatan tersebut selama ini rutin digelar setiap tahun. Lomba bertujuan memperkenalkan wisata bahari kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Ia berpendapat, Buleleng dengan panjang pantai mencapai sekitar 150 kilometer memiliki potensi yang sangat besar kaitannya dengan objek wisata berbasis laut (bahari).

Terlebih lagi, wilayah antara Kerobokan dan Lovina merupakan daerah pariwisata yang cukup dikenal di kalangan masyarakat, sehingga dapat mendongkrat animo penonton.

"Kami juga berharap para peserta semakin mencintai wilayah bahari yang ada di Buleleng bukan hanya semata-mata melihat hadiahnya saja nanti," kata dia sembari menyebutkan panitia telah menyiapkan hadiah uang tunai puluhan juta kepada para juara.

Arnika lebih lanjut mengungkapkan, terkait keamanan dan keselamatan para peserta lomba, Diskanla Buleleng telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Semua peserta lomba telah diasuransikan sehingga kami harapkan tidak ada keraguan lagi mengenai jaminan keselamatan. Tetapi kami bersama berharap lomba berjalan aman dan lancar," demikian Arnika. (IMB)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016