Denpasar (Antara Bali) - Plt. Kabid Dokumen dan Perfilman Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Made Sudiana menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba layang-layang yang digelar Sekaa Teruna Remaja Banjar Pitik, Desa Pedungan.

Made Sudiana didampingi Kepala Lingkungan Banjar Pitik Pedungan, Denpasar Selatan I Wayan Manggis, Rabu, menyerahkan hadiah kepada pemenang juara lomba layang-layang yang bertema "Pitik Kite Festival Ke-6".

Pada lomba layang-layang yang diikuti 967 layangan, juara pertama diraih sekaa layangan "Kaja Kauh Kite Kesiman" kategori layangan Bebean Dewasa dan sekaa layangan "Putra Ceningan Sanur" dalam kategori Janggan Dewasa, serta menyabet Piala Wali Kota Denpasar.

Ketua Panitia "Pitik Kite Festival Ke-6" Kadek Agustina Anggara Jaya mengatakan kegiatan festival layangan tersebut bertujuan untuk menjaga dan melestarikan tradisi "Rare Angon Melayangan", meningkatkan kreativitas pemuda, membangkitkan semangat sportivitas dalam berkompetisi dan menjaga serta melestarikan sawah Bali, khusunya di Carik Abasan Sari, Banjar Pitik Pedungan.

Ia mengatakan di lokasi kegiatan festival tersebut merupakan "subak kerdung" yang masih aktif hingga saat ini, oleh karena itu melalui festival tersebut berupaya terus melestariakn alamnya agar tetap asri.

"Pitik Kite Festival Ke-6 juga dikombinasikan dengan beberapa kegiatan, seperti bedah warung sebagai program Pemerintah Kota Denpasar dan menjadikan Subak Sembung sebagai kawasan ekowisata, yang telah diresmikan Wali Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra," katanya.

Anggara Jaya lebih lanjut mengatakan kegiatan "Pitik Kite Festival Ke-6" yang sudah diselenggarakan selama dua hari memiliki tujuh kategori yang dilombakan, yakni kategori layangan Bebean Dewasa, Bebean Anak-anak, Janggan Dewasa, Pecukan Dewasa, Kreasi, Janggan Buntut dan Kategori Bebean Big Size.

Adapun pemenang dari lomba layangan di masing-masing kategori diraih oleh Sekaa Layangan Kaja Kauh Kite di kategori Layangan Bebean Dewasa, sekaa layangan Nebeye Tegal Kategori layangan Bebean Anak-Anak, sekaa layangan Balac Blega kategori Bebean Big Size, sekaa layangan Putra Ceningan kategori Janggan Dewasa, sekaa layangan Batang Menguntal kategori Janggan Buntut, sekaa layangan Kutun Setra Kategori Pecukan Dewasa dan sekaa layangan OWG di kategori Kreasi. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016