Gianyar (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali menggelar Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2016 dengan berbagai kegiatan melibatkan anak-anak di Balai Budaya setempat secara semarak, Rabu.

Perayaan HAN kali ini menekankan berbagai kegiatan lomba melibatkan potensi anak-anak muda di daerah itu sehingga mampu menghasilkan kreativitas karya seni.

Acara tersebut juga diisi dengan pelantikan pengurus Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Gianyar. Made Ricky Catur Purnama yang selama dua tahun terakhir menjabat ketua FAD Kabupaten Gianyar secara resmi menyerahkan kepengurusannya kepada Ni Putu Dhanan Kumaradewi untuk periode 2016-2018.

Ketua Panitia HAN 2016 Ida Bagus Pradnya Pradipa melaporkan, dalam memeriahkan HAN dan FAD menggelar berbagai kegiatan diantaranya seleksi kepengurusan FAD, kegiatan bagi-bagi buku bacaan dalam rangka hari buku se-dunia.

Selain itu juga lomba poster lukis tingkat SMP, lomba poster digital tingkat SMA/SMK dan lomba finger painting di SDN 3 Sukawati.

"Pemenang lomba memperoleh piala, piagam, uang pembinaan, serta beberapa alat tulis," ujar Ida Bagus Pradnya Pradipa.

Ia menambahkan, FAD bertujuan memberikan ruang kepada anak-anak untuk belajar dasar menjadi pemimpin, sekaligus ajang mengekspresikan potensi diri yang dimiliki. FAD juga mengemban misi khusus, untuk memilih bibit anak unggul dalam bidangnya masing-masing.

Ida Bagus Pradnya Pradipa menambahkan, FAD juga membalut kegiatan sosial di dalamnya, yakni dengan menggelar FAD Peduli Kasih selama satu hari pada awal Juli lalu, berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1 juta, ditambah koin peduli anak lagi Rp 1 juta sehingga total Rp 2 juta.

Dana tersebut disumbangkan kepada Diantini, seorang siswa SMAN 1 Blahbatuh yang menderita kanker tulang di bagian kakinya.

"Kami ingin berbagi dengan saudara yang sedang menderita," ucapnya.

Sementara Asisten II Setda Gianyar Ketut Astawa Suyasa, mewakili Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata mengajak seluruh pihak untuk menjadikan peringatan HAN sebagai upaya meneguhkan komitmen dalam memberikan yang terbaik bagi anak - anak di daerah ini. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016