Gianyar (Antara Bali) - Kabupaten Gianyar, Bali meraih dua penghargaan sekaligus dalam bidang Lingkungan Hidup tahun 2016 yang terdiri atas Adipura dan Adiwiyata Mandiri.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar menyerahkan kedua penghargaan untuk pada Kabupaten Gianyar, Bali bersaman dengan penerimaan sejumlah daerah lainnya di Indonesia yang dipusatkan di Lapangan Siak Beradah, Kabupaten Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau akhir pekan lalu.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra di Gianyar Minggu mengatakan, pihanya menerima penghargaan berupa sertifikat Adipura dan penghargaan Adiwiyata Mandiri diterima oleh Kepala SMP 2 Gianyar, Dewa Gde Putu Oka.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya pada kesempatan itu menyampaikan penghargaan Adipura diberikan kepada daerah, baik provinsi dan kabupaten/kota yang telah bekerja keras dan melakukan upaya signifikan dengan kuat untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup diwilayahnya masing-masing.

Sementara peraih Adiwiyata Mandiri merupakan sekolah yang telah menerapkan kebijakan dan keaktifan dalam pengelolaan lingkungan, serta mampu memberikan imbas kepada sepuluh sekolah di lingkungannya.

"Saya berharap seluruh masyarakat dan semua pihak untuk terus melakukan upaya perbaikan lingkungan di wilayahnya masing-masing untuk meningkatkan kualitas lingkungan hiudp Indonesia tercinta yang lebih baik," ujar Menteri Siti Nurbaya.

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata memberikan apresiasi terhadap kedua penghargaan bidang lingkungan yang diraih Kabupaten Gianyar tahun 2016.

Bupati Agung Bharata menyampaikan penghargaan sebenarnya menjadi tujuan utama, namun yang terpenting adalah kesadaran dan upaya nyata seluruh masyarakat Gianyar untuk membudayakan hidup bersih dan sehat.

Pemkab Gianyar selama ini telah melakukan berbagai upaya untuk membudayakan seluruh lapisan masyarakat, sejak usia dini untuk hidup bersih dan sehat serta mencitai lingkungan hidup.

Salah satunya dengan menggandeng semua pihak termasuk TNI/Polri, lembaga atau kelompok pemerhati lingkungan, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat melalui gerakan polisi lingkungan.

Melalui gerakan tersebut masyarakat Gianyar diajak untuk membudayakan hidup bersih dan sehat, serta senantiasa menjaga lingkungan sesuai dengan konsep Tri Hita Karana yang telah wariskan oleh leluhur orang Bali, yakni hidup harmonis dan serasi sesama manusia, manusia dengan lingkungan dan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016