Denpasar (Antara Bali) - PKK Kota Denpasar mengajak para lanjut usia melakukan "Tirthayatra" perjalanan spiritual sambil mengadakan pemsembahyangan bersama ke Pura Tirtha Empul, Kabupaten Gianyar, Bali.

Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar Nyonya Antari Jaya Negara di Denpasar, Kamis mengatakan kegiatan "Tirthayatra" bersama para lanjut usia (lansia) merupakan serangkaian pelaksanakan posyandu paripurna yang dicanangkan rutin tiap tahun oleh Pemerintah Kota Denpasar.

"Kegiatan ini adalah acara rutin yang diselenggarakan Pemerintah Kota Denpasar kepada para lansia yang ada di empat kecamatan tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut disambut antusias oleh para lansia, terlebih lagi banyak dari para lansia yang jarang bisa "melukat" atau membersihkan diri secara spiritual karena sudah usia.

Sehingga kesempatan "Metirthayatra" dilakukan Pemerintah Kota Denpasar yang dikoordinir PKK Kota Denpasar disambut postif para lansia.

Kantun seorang lansia dari Kecamatan Denpasar Selatan dengan adanya kegiatan posyandu paripurna dan kegiatan "Metirthayatra" bagi para lansia merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kota Denpasar.

"Saya sangat senang dengan adanya kegiatan posyandu paripurna dan dilanjutkan dengan sembahyang bersama (Metirthayatra" ujarnya.

Dengan adanya posyandu paripurna memberikan manfaat yang sangat baik terhadap para lansia, selain untuk kesehatan fisik juga kesehatan rohani. Untuk kesehatan fisik para lansia di setiap banjar (dusun) diajak melakukan senam bersama setiap hari Minggu dan mendapatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis.

"Sebelum mengikuti posyandu paripurna saya sebagai lansia merasa sendiri, namun setelah mengikuti posyandu paripurna ada teman sesama lansia untuk diajak ngobrol dan diskusi kecil," ucapnya.

Kantun berharap kegiatan lansia seperti ini terus ditingkatkan sehingga semua lansia yang ada di Kota Denpasar dapat terjangkau.

Ia mengaku terus mengikuti kegiatan posyandu disamping untuk kesehatan juga untuk bertemu dengan sesama lansia.

Kepala Lingkungan Banjar Sindhu Kelod, Kelurahan Sanur Made Muda Yasa mengaku kegiatan itu sangat baik sebagi bentuk perhatian terhadap para lanjut usia.

"Ini merupakan bentuk perhatian terhadap para lansia oleh Pemerintah Kota Denpasar. Saya sangat setuju posyandu paripurna dan Metirthayatra dilakukan secara berkelanjutan," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016