Mangupura (Antara Bali) - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung, Bali, menggelar lomba regu penggalang tingkat III di Bumi Perkemahan Dukuh, Desa Blahkiuh, sebagai upaya mencetak karakter generasi muda yang tangguh untuk kehidupan bangsa ke depannya, Selasa.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung, Bali I Nyoman Punia di Mangupura, mengatakan pembentukan karakter generasi muda yang tangguh merupakan hal yang amat penting sehingga memiliki kepribadian yang kuat, ulet, berdisiplin dan inovatif.

"Pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan mendidik dan membina kaum muda Indonesia untuk mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga menjadi manusia yang berwatak, berkepribadian, berakhlak mulia dan memiliki keterampilan hidup sebagai calon pimpinan bangsa," ujarnya.

Dengan upaya ini, diharapkan generasi muda juga berperan aktif dalam mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia, berjiwa Pancasila menjadi anggota masyarakat yang lebih baik dan berguna.

"Pendidikan kepramukaan yang merupakan bagian sistem pendidikan Nasional dapat mengambil peran dalam upaya pembangunan kepemudaan," ujarnya.

Dengan diselenggarakannya lomba Regu Pramuka Penggalang yang merupakan kegiatan penting dalam program pendidikan dan pelatihan, seorang Pramuka Penggalang di Kabupaten Badung menuju peningkatan mutu Pramuka Penggalang.

Kegiatan ini merupakan kegiatan khas yang diperuntukan hanya bagi Pramuka Penggalang dan pada dasarnya kegiatan ini bercirikan lomba, dimana regu-regu Penggalang dari seluruh Kwartir Ranting se-Badung.

Ketua Panitia I Nyoman Karman menambahkan, tujuan lomba ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota pramuka penggalang dalam upaya meningkatkan kwalitasnya.

"Selain itu, untuk mengadakan evaluasi implementasi SKU dan SKK yang menjadi pedoman pembinaan bagi setiap anggota pramuka penggalang, untuk memperoleh regu yang berprestasi tinggi putra dan putri yang berhak mewakili Kwartir Cabang Badung ke tingkat IV Provinsi Bali Tahun 2016," ujarnya.

Sasaran, pada akhir tingkat III Tahun 2016 ini diharapkan mampu mencetak pramuka penggalang yang bersikap dan bermoral Pancasila melalui proses kode kehormatan pramuka, pramuka penggalang berdisiplin dan peduli terhadap sesamanya serta terhadap alam seisinya, berkembangnya jiwa demokratis dan sikap manajerial.

Peserta lomba dalam LT III Kwartir Cabang Badung tahun 2016 diikuti sebanyak 100 orang yang terdiri pramuka penggalang di Kecamatan Petang sebanyak 16 orang, Abiansemal (16 orang), Mengwi (16 orang), Kuta Utara (16 orang), Kuta (delapan orang) dan Kuta Selatan (16 orang) serta pembina pendamping sebanyak (12 orang). (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016