Mangupura (Antara Bali) - Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa ikut ambil bagian dalam penilaian lomba desa adat dan seka truna truni (STT) di Banjar Belok Sindan, Petang, sebagai upaya mempercepat proses pembangunan desa.

"Pelaksanaan lomba desa merupakan agenda rutin setiap tahun sebagai barometer obyektif terhadap kemajuan desa terutama di desa adat," kata Wabup Ketut Suiasa di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan, desa adat memiliki kewenangan penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Untuk kegiatan lomba desa ini, lanjut dia, dilaksanakan secara terarah, terkoordinasi dan berkelanjutan yang dimaksudkan untuk menilai keberhasilan pembangunan desa/kelurahan dan STT dalam kurun waktu tertentu.

"Selain itu, kegiatan ini bertujuan sebagai media untuk mengasah kreativitas, menumbuhkan rasa memiliki dan kepedulian masyarakat terhadap kemajuan desanya sendiri," ujarnya.

Ia mengharapkan, melalui lomba desa adat ini dapat menjadikan suatu keberhasilan pembangunan desa seperti menurunnya angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, kualitas pendidikan dan kesehatan yang semakin baik.

"Keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras dan pengorbanan yang tidak sedikit dan menyadari bahwa ada prestasi yang diraih tanpa melalui suatu proses perjuangan dan pengorbanan," ujarnya.

Ia mengharapkan, degan adanya lomba desa adat dan STT ini seluruh masyarakat tetap dan selalu bahu membahu, mengembangkan sikap gotong royong untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik dan meningkatkan persatuan dan kesatuan desa.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Desa yang diwakili I Gst Ngr Wiadnyana mengatakan materi lomba dalam lomba desa adat meliputi administrasi desa dan

"Desa yang memperoleh juara pertama dalam lomba desa ini selanjutnya akan ditunjuk menjadi duta Kabupaten Badung dalam lomba yang sama untuk tingkat Provinsi," ujarnya.

Peserta lomba ini diikuti enam kecamatan yaitu Kecamatan Abiansemal, Kecamatan Petang, Kecamatan Kuta, Kuta Utara, Kuta Selatan dan Kecamatan Mengwi.

Dalam acara lomba desa itu, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung IB Anom Bhasma, Camat Petang Gst Ngurah Ariawan, Bendesa Adat Petang I Nyoman Sarya dan Ketua STT Tunas Harapan Petang I Wayan Merta Jaya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016