Kuta (Antara Bali),- Setiap 6 bulan sekali dalam kalendar Bali, masyarakat Hindu di Bali pasti menggelar upacara Piodalan. Piodalan atau yang dikenal sebagai hari jadinya Pura, selalu dilaksanakan untuk pura-pura di Bali, baik itu yang dibangun di rumah, kantor, hingga desa. Waktu pelaksanaan Piodalana berbeda-beda untuksetiap pura, sehingga setiap bulannya akan selalu ditemukan pelaksanaan Piodalan di beberapa wilayah di Bali.

Bertepan pada hari Selasa tanggal 8 Juni 2016, Ramada Encore Bali Seminyak operated by Topotels menggelar upacara Piodalan. Dimana, sebelum upacara Piodalan dimulai ada beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan terlebih dahulu. Rangkaian acara itu diantaranya, gotong royong dan bersih-bersih pura (Ngayah), Membuat Gebogan dan Mekemit (bermalam di Pura). Dimana, keseluruhan ritual tersebut untuk mencapai kesempurnaan dalam peribadatan.

Bertujuan sebagai rasa syukur dan untuk mewujukan kehidupan yang harmonis dan sejahtera lahir batin, Piodalan di Ramada Encore Bali Seminyak digelar dengan khusyu. Dimana konsep ini tertuang dalam konsep Tri Hita Karana, yaitu hubungan harmonis antara manusia denganTuhan, manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungan. Diikuti oleh para pegawai hotel dan dipimpin oleh Pemangku, Piodalan dimulai dari pukul 3 sore hingga upacara selesai. Dalam rangakaian upacara ini, Pemangku akan memulai memimpin doa yang akan diikuti oleh yang lainnya (Pemedek).

Doa dan persembahan dipanjatkan kepada Sang Hyang Widi, para dewa dengan seluruh manifestasinya di kedua Pura yang dimiliki oleh Ramada Encore Bali Seminyak. Semoga bentuk syukur ini bisa memberikan kedamaian, kesejahteraan dan kelancaran setiap bisnis dan kehidupan di Ramada Encore Bali Seminyak. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016