Gianyar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengirimkan bantuan untuk I Wayan Purnawan (18) yang menderita penyakit "cerebral palsy" dengan mengutus tim Biro Humas pemerintah provinsi setempat.

Kepala Biro Humas Pemprov Bali I Dewa Gede Mahendra Putra, di Gianyar, Rabu mengatakan dengan bantuan dari Gubernur Bali itu diharapkan dapat meringankan beban kehidupan keluarga yang tinggal di Desa Bona, Gianyar tersebut.

Purnawan merupakan putra pasangan I Ketut Pageh (43) bersama Ni Wayan Nadi (40). Remaja ini menderita gejala kelumpuhan pada otak (cerebral palsy) semenjak tamat pendidikan Sekolah Dasar (SD), dengan kondisi kaki yang semakin hari semakin mengecil hingga tidak mampu lagi untuk menopang tubuhnya untuk berjalan.

Hal tersebut membuatnya tidak bisa lagi melanjutkan pendidikan, sehari-hari ia hanya bisa berdiam diri menahan sakit yang diderita. Kondisi perekonomian keluarganya yang tergolong kurang mampu pun ikut memperparah keadaan purnawan, karena tidak bisa mengantarkannya berobat untuk mendapatkan penanganan yang layak.

Pageh hanya bekerja sebagai buruh bambu, berpenghasilan tidak tetap yang hanya cukup untuk makan sehari-hari. Sehingga perawatan anaknya sehari-hari harus diserahkan kepada istrinya, yang dilakukan seadanya.

Pageh saat mendapat kunjungan dari tim mengaku sangat berterimakasih atas kepedulian Gubernur Bali kepada keluarga kurang mampu seperti dirinya.

Ia pun sangat mengharapkan mendapat bantuan selanjutnya berupa pengobatan bagi anaknya. "Semoga Bapak Gubernur Bali bisa membantu pengobatan anak saya agar bisa beraktivitas seperti pemuda sebayanya," ujar Pageh.

Sementara itu, Sekretaris Desa Bona I Gusti Ngurah Anom yang kala itu ikut mendampingi kunjungan tim mengatakan bahwa keluarga yang bersangkutan termasuk keluarga miskin dengan kondisi rumah layak huni, sehingga tidak masuk dalam kategori penerima bantuan bedah rumah. Bantuan raskin juga sudah diberikan secara rutin setiap bulannya.

Senada dengan Pageh, Ngurah Anom mengatakan pengobatan merupakan bantuan lanjutan yang paling cocok untuk Purnawan.

Tim pada kesempatan itu menyalurkan bantuan sementara berupa uang tunai, beras dan mie instan guna meringankan beban kehidupan keluarga tersebut selama beberapa hari ke depan.

Hal itu sambil menunggu bantuan selanjutnya yang akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan instansi terkait. Gerakan responsif Pemprov Bali ini juga diharapkan dapat menggugah kepedulian masyarakat mampu terhadap sesama yang membutuhkan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016