Denpasar (Antara Bali) - Dinas Perhubungan Kota Denpasar memasang separator (pembatas jalan) di beberapa titik ruas jalan untuk menghindari terjadinya kemacetan lalu lintas di perkotaan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar Gede Astika di Denpasar, Kamis mengatakan langkah pemasangan pembatas jalan tersebut upaya menekan angka kecelakaan serta mengurangi tingkat kemacetan di kawasan yang dipasangi separator.

"Pemasangan separator di sejumlah ruas jalan tersebut antara lain di Jalan Hayam Wuruk- Anyelir dan alan Akasia. Sebelumnya juga pemasangan pembatas jalan di seputaran Jalan Gatot Subroto Tengah," katanya.

Selain itu pengalihan arus lalu lintas di simpang Jalan Hayam Wuruk- Anyelir dan Jalan Akasia seperti, kendaraan yang datang dari Jalan Hayam Wuruk Selatan menuju Jalan Akasia dan Anyelir. Pengendara diwajibkan melalui Jalan Nusa Indah-Pucuk-Katrangan tembus ke Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Akasia dan Anyelir.

Sedangkan kendaraan yang dari arah Jalan Akasia dan Anyelir menuju Jalan Hayam Wuruk Barat melalui Jalan Pandu menuju-Narakusuma tembus ke Jalan Hayam Wuruk.

"Kami berharap dengan pemasangan separator ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di Jalan Hayam Wuruk. Kami juga mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang dan disiplin dalam berlalu lintas," ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Denpasar Nyoman Sustiawan di sela memantau lalu lintas di kawasan Jalan Hayam Wuruk mengatakan pelaksanaan operasional pemasangan separator serta pemasangan rambu-rambu itu dilaksanakan pada sejak Rabu malam(18/5) pukul 21.00 Wita sampai Kamis (19/5) pukul 04.00 waktu setempat.

Ia mengatakan setelah pemasangan rambu-rambu lalu lintas dilanjutkan dengan pengaturan lalu lintas sampai pemantauan serta pengawasan. Dari pemantauan akan dilaksanakan evaluasi dengan kajian sedemikian rupa agar memperoleh hasil yang positif bagi pengguna Jalan.

"Kami berharap dengan pemasangan separator di simpang Jalan Hayam Wuruk-Anyelir-Akasia memberi dampak positif kepada pengguna jalan serta memberi kenyamanan dan keamanan pengguna Jalan," kata Sustiawan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016