Denpasar (Antara Bali) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Denpasar melakukan penilaian terhadap 28 koperasi berprestasi untuk mendapatkan yang terbaik, selanjutnya akan menjadi duta dalam lomba koperasi tingkat provinsi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena, Rabu mengatakan penilaian terhadap koperasi berprestasi itu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka Hari Koperasi.

Ia mengatakan penilaian mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan kota. Penilaian yang dilakukan tersebut berdasaran usulan dari Dekopinda (Dewan Koperasi Daerah).

"Kami minta kepada Dekopinda kecamatan menilai koperasi-koperasi yang layak diberikan penghargaan. Apakah koperasi itu jenisnya koperasi simpan pinjam (KSP), koperasi karyawan, KSU dan lainnya," ucap dia.

Erwin Suryadarma menjelaskan, ada lima aspek penilaian koperasi yang akan dipersiapkan menjadi duta Kota Denpasar ke tingkat provinsi, yakni aspek organisasi, aspek tata laksana dan manajemen. Disusul aspek produktivitas, aspek manfaat dan dampak, aspek daya saing dengan kategori koperasi usaha simpan pinjam, produsen, jasa dan fungsional.

"Koperasi ini akan kami nilai untuk menetapkan juara I, II, III dan harapan. Para juara satu dari masing-masing kategori selanjutnya akan kami usulkan ke provinsi untuk mengikuti perlombaan," ujarnya.

Erwin Suryadarma menambahkan, tim penilai sudah mulai melakukan kunjungan sekaligus menilai koperasi-koperasi terbaik yang ada di masing-masing kecamatan.

Kunjungan pertama diawali dari Koperasi Merta Asih Sedana Jalan Pidana VIII Nomor 31, Kelurahan Ubung, Denpasar Utara, pada Senin (16/5).

Dikatakan penilaian terhadap koperasi tersebut hingga 7 Juni 2016. Koperasi yang berprestasi ini akan diserahkan penghargaannya pada puncak Peringatan Hari Koperasi.

"Apa yang kami lakukan ini untuk memberikan motivasi kepada pengurus koperasi-koperasi agar terus semangat berkarya demi kemajuan Kota Denpasar," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016