Karangasem (Antara Bali) - Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa membuka sosialisasi Dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali untuk desa pekraman dan subak serta subak abian yang berada di wilayah setempat.

Sosialisasi bertempat di Aula UKM Center Amlapura dihadiri oleh Wakil ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Made Wirta, Kepala BPMPD I Komang Daging, Kadisbudpar I Wayan Purna, Perwakilan dari Kapolres dan Dandim, Kabid Pemdes dan Kelurahan Provinsi Bali Ni Gusti Ayu Ardani, Para Camat, Perbekel, Bendesa adat, Kelian Subak se-Kabupaten Karangasem.

Gubernur Bali Mangku Pastika dalam sambutan tertulis dibacakan Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Provinsi Bali Ni Gusti Ayu Ardani, Senin menyampaikan, tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman yang sama terhadap penatausahaan dana BKK kepada desa adat dan subak serta subak abian, agar penggunaan dan penggunaannya tidak menyimpang dari aturan yang berlaku.

"Permendagri 113 Tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan Desa harus ditaati dan dilaksanakan," kata Ayu Ardani.

Lebih lanjut Ardani menyatakan, pemerintahan desa dan desa adat saat ini tidak menjadi objek, tetapi menjadi subjek dalam melaksanakan pembangunan.

Adapun besarnya dana BKK yang akan diterima untuk desa pekraman sebesar Rp200 juta, dan subak serta subak abian masing-masing Rp50 juta.

Sementara Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa menyambut gembira dan bangga atas diselenggarakannya kegiatan sosialisasi BKK ini. Dengan disosialisasikannya oleh tim, para penerima akan mengetahui terkait dengan apa yang menjadi maksud dan tujuan program BKK dari pemerintah serta bagaimana mekanisme, tahapan dan tata pengelolaan program BKK dimaksud.

Dikatakan Artha Dipa, dengan demikian agar jangan sampai menyimpang menyalahi aturan, atau keluar dari rel perundang-undangan yang berlaku.

"Melalui kesempatan ini saya mohon kepada Tim Sosialisasi BKK dari Provins Bali, nanti memberikan petunjuk atau penjelasan serta informasi yang pasti, terhadap para perbekel, Keliang Desa Pekraman dan Keliang Subak berkaitan dengan pelaksanaan program BKK tahun anggaran 2016 ini," ujarnya.

Wabup Karangasem mengharapkan nantinya para Perbekel, Keliang Desa Pekraman dan Keliang Subak tidak ada yang sampai terkena permasalahan-permasalahan yang tidak baik, karena memfasilitasi atau menerima bantuan BKK.(WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016