Amlapura (Antara Bali) - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos.,MAP menerima kunjungan kehormatan Duta Besar RI untuk Negara Rusia yang baru, Bapak Wahid Supriyadi bersama Bapak Darma Wijaya, Kadin Fanina Yulianthi dan Putu Astiti pada Sabtu (19/3) bertempat, di Ruang Rapat Bupati Karangasem.

Bupati didampingi Asisten Tata Praja I Ketut Wage Saputra, Asisten Ekonomi Pembangunan I Made Sujana Erawan, Kepala Bappeda I Ketut Sedana Merta, Kepala Kesbangpollinmas Ida Bagus Pt Suastika, Kabag Hukum dan HAM I Ketut Suwarna, Sekretaris Disbudpar Made Sosiawan dan sejumlah pejabat Pemkab lainnya.

Bupati IGA Mas Sumatri  menyambut hangat kehadiran Dubes Indonesia untuk Rusia  yang baru satu bulan dilantik itu.

Dubes RI untuk Rusia Wahid Supriyadi yang baru satu bulan menjabat  ini mengatakan bahwa tujuannya datang berkunjung ke pemkab. Karangasem adalah untuk meningkatkan kerjasama yang selama ini telah terjalin antara Pemkab. Karangasem dengan Pemerintah Rusia melalui Kedutaan Indonesia untuk Rusia. Begitu pula selain memantau turis Rusia yang  ternyata  90% banyaknya berkunjung ke Bali. Dan sekarang ingin melanjutkan kembali  kerjasama antara Rusia dan Bali termasuk Kabupaten Karangasem.

"Tujuan kami pertama, bahwa ingin meningkatkan dan membuka kembali peluang kerjasama yang selama ini telah terjalin. Kami siap mendukung mempromosikan potensi pariwisata Karangasem dan sekaligus menjembatani untuk mengangkat produk unggulan Karangasem yang bisa dipromosikan di Negara Rusia. Dan kami sudah melihat langsung sekarang ini sudah banyak turis Rusia berkunjung ke Bali termasuk di Karangasem, karena daerahnya yang ramah untuk di kunjungi dan juga karena indahnya alam yang ada di Karangasem ini. Untuk itu kami ingin memantau hal ini dari dekat dan saya ingin semakin banyak lagi turis Rusia kesini," kata Dubes.

"Kedua, kami datang juga sekaligus untuk mengundang Ibu Bupati Karangasem bersama Tim Kesenian Karangasem untuk dapat berkunjung ke Rusia menghadiri Even Festival Indonesia untuk Negara Rusia, yang akan diadakan perkiraan bulan Agustus yang akan datang dan  kami rasa ini penting bagi Pemkab. Karangasem bisa melakukan presentasi mengenai potensi Bali dan secara khusus Kabupaten Karangasem, kepada pengusaha-pengusaha atau investor Rusia untuk melakukan promosi dan cari investasi,"imbuhnya.

Selanjutnya Wahid Supriyadi mengatakan, pihaknya juga berencana bekerja sama di bidang kesehatan dan tenaga kerja, di mana membuka peluang untuk memberikan bantuan alat kesehatan dan memberi peluang kerja bagi masyarakat Bali dan Khususnya Karangasem di Negara Rusia.

Bupati Mas Sumatri menyambut baik kehadiran Dubes Wahid Supriyadi ini, dan akan mempertimbangkan untuk memenuhi undangan resmi Dubes Rusia ini.

"Kita akan pertimbangkan dulu, karena Pemkab Karangasem melalui Disbudpar memang memiliki anggaran promosi pariwisata ke luar negeri. Akan tetapi melalui bantuan pusat dan APBD Karangasem, kami telah merencanakan kegiatan akbar tahun ini yaitu Karangasem Pestival, Taman Ujung Pestival dan Candidasa 10 K,"ujarnya.

"Kami mengharapkan Duta Besar RI Wahid Supriyadi untuk membantu menjembatani Pemkab. Karangasem pada pemerintah pusat khususnya Kementerian Perhubungan terkait Pelabuhan Cruise Tanah Ampo biar bisa segera bisa beroperasi. Dan ke Kementerian Laut, Ibu Susi. Karena Pemkab. Karangasem telah mengajukan proposal terkait bantuan 4 Kapal Tangkap Ikan dan 1 alat pengolah ikan,"harapnya.

Akhir dialog Bupati Mas Sumatri serahkan suvenir yang berisi dokumen potensi pariwisata Karangasem diterima Duta Besar RI Wahid Supriyadi. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016