Negara (Antara Bali) - Menandai pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN)  Polio Tahun 2016 Bupati Jembrana I Putu Artha  meneteskan vaksin Polio kepada balita pada pencanangan PIN Tahun 2016 di Posyandu Banjar Puana Utara Desa Tegal Badeng Barat Kecamatan Negara, selasa ( 15/3). Artha hadir dilokasi didampingi ketua tim penggerak PKK Jembrana Ayu Sugianti Artha, Sekda Jembrana Gede Gunadnya serta Kadis Kesehatan dr Putu Suasta. Sementara Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan bersama  istri Nyoman Ani Setiawarini pada saat yang sama juga membuka kegiatan serupa di Posyandu Balai Desa Air Kuning Kecamatan Jembrana.

Pemberian vaksin Polio dilaksanakan secara serentak diseluruh posyandu, puskesmas serta tempat –tempat khusus yang ditunjuk sebagai pos pin . PIN Polio 2016 adalah program pemberian imunisasi polio kepada seluruh balita yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan balita terhadap penyakit polio. Vaksinisasi diberikan kepada Balita usia 0 – 59 Bulan atau maksimal usia 5 tahun .

Artha mengatakan Pekan Imunisasi Nasional merupakan program pemerintah yang cukup penting untuk mencegah  penyakit polio. Menurutnya  polio merupakan penyakit menular yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB) yang kebanyakan menyerang anak-anak dan bisa menyebabkan kelumpuhan permanen. Karena itu dirinya berharap agar seluruh warganya yang memiliki Balita segera mendatangi tempat-tempat yang sudah ditunjuk sehingga anak-anak mereka mendapatkan vaksin polio.” Bagi yang sudah memperoleh vaksin, informasi ini juga mesti ditularkan kepada warga lainnya karena kita punya waktu sampai sepekan, sehingga tidak ada anak yang ketinggalan guna mendukung Jembrana bebas polio,”ungkap Artha

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana dr I Putu Suasta mengatakan Pemberian Vaksin Polio merupakan program serentak dari pemerintah pusat, Sedangkan di Bali akan dilaksanakan selama sepekan dari tanggal 15-22 maret 2016. Khusus di Jembrana melalui hasil pendataan, ditargetkan sebanyak 20.060 anak umur 0-5 tahun diberikan vaksin. Untuk itu dirinya menyiapkan 357 pos pin yang terdiri dari posyandu sebanyak 324 buah, 10 puskesmas, 3 Rumah sakit baik pemerintah maupun swasta, 2 terminal sebagai tempat pelayanan yaitu terminal gilimanuk dan terminal negara.

Dinas Kesehatan Jembrana juga bekerja sama dengan 18 TK PAUD di Kabupaten Jembrana untuk mendekatkan pelayanan vaksinasi polio. Guna mendukung pelaksanaan pekan imunisasi nasional ini, pihaknya telah menerjunkan 1.785 tenaga yang berasal dari pegawai Dinas Kesehatan serta relawan yang sudah terlatih. Mereka bertugas selama seminggu kedepan. Selain itu apabila ada hal –hal yang tidak memungkinkan dinasnya akan aktif jemput bola termasuk mendatangi langsung kerumah warga yang memiliki Balita. “ Pelayanan ini tidak hanya bagi warga Jembrana saja, tapi juga warga yang kebetulan melintas dan memiliki anak Balita ,”pungkasnya.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016