Denpasar (Antara Bali) - Penghargaan Tri Hita Karana (THK) Award ke-10 tahun 2010 kembali diberikan kepada pihak-pihak yang mampu menjaga keharmonisan diri, lingkungan dan nilai spiritual di Bali.

"Untuk mendapatkan award tahun 2010, kami mengakreditasi satu tahun sebelumnya, sejak November 2009 hingga November 2010," kata Ketua Komite THK Award Ir I Gusti Ngurah Wisnu Wardana, Minggu.

Penganugerahan THK itu, terbagi menjadi tiga kelompok, yakni 'Tourism Award' untuk hotel dan daerah tujuan wisata (DTW), Widya Nugraha bagi sekolah dan perguruan tinggi, serta Praja Nugraha diperuntukkan bagi kantor pemerintahan.

Ia menjelaskan, penghargaan ini merupakan evaluasi akhir dari segala upaya yang dilaksanakan berbagai pihak, dalam menerapkan dan mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana dalam manajemen dan kinerja pada perusahaan.

"Juga terhadap instansi dan sekolah atau kalangan perguruan tinggi selama satu tahun penuh yang telah melaksanakan konsep tersebut," katanya.

Pihaknya berharap keharmonisan dalam lingkungan diri sendiri, lingkungan sekitar, baik lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan spiritual tetap terjaga.

Akhirnya, setelah melewati proses panjang, para pemenang diumumkan di Taman Budaya Ardha Candra, Sabtu (4/12) malam. Kegiatan tersebut dihadiri Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Saat menyampaikan pidatonya, Gubernur Pastika mengatakan, program THK dinilai sejalan kampanye `Bali Clean and Green" yang sedang digiatkan Pemprov Bali dan jajaran pemerintahan kabupaten/kota.

Lewat program "Bali Clean and Green" tersebut bisa menjadikan Bali sebagai tujuan wisata yang baik bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Sementara, untuk tahun 2010 ini, tim penilai THK melakukan akreditasi terhadap 34 hotel, 3 Daerah Tujuan Wisata (DTW), serta satu kawasan khusus (BTDC Nusa Dua) untuk mendapatkan THK Tourism Award.

Untuk Tourism Award penghargaan diraih Hotel Novotel Bali Benoa, sedang kelompok atau kategori pemerintahan, Pemkab Badung dan Dinas Petanian Klungkung memperoleh emas.

Sedangkan peraih sertifikat afiliasi atau partisipan kategori THK Praja award diraih Kantor Gubernur Bali dan Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010