Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali memberikan kemudahan kepada calon mahasiswa baru melalui Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (SMBJM) dan undangan program diploma (D-3).

"Mereka akan mendapatkan prioritas untuk beasiswa dari Rektor Undiksha dan beberapa beasiswa lainnya," kata Koordinator Informasi dan Komunikasi Undiksha, Dr Gede Rasben Dantes di Singaraja, Bali, Jumat.

Ia menjelaskan, belakangan program diploma Undiksha mulai kurang dilirik peminat padahal beberapa program studi yang ditawarkan merupakan program studi yang cukup bergengsi seperti Bahasa Inggris, Perhotelan dan lain-lain.

Menurut dia, jalur undangan sebelumnya sudah dilakukan beberapa tahun lalu dan pimpinan Undiksha melihat perlu adanya lanjutan dari program itu yang sempat vakum belakangan ini.

"Jadi jalur undangan itu `row input` lebih baik karena dapat dilihat mana siswa yang memang memiliki prestasi ketika proses pembelajaran di SMA atau SMK," kata Rasben.

Rasben lebih lanjut memaparkan, nantinya Undiksha akan segera mengirimkan undangan jalur diploma khusus kepada sekolah-sekolah yang ada di Pulau Dewata. Seleksi awal dari semester satu sampai lima dan juga pendaftaran nantinya akan dilakukan secara online," imbuhnya.

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali siap menerima mahasiswa baru pada tahun ini sebanyak 2.900 orang untuk tujuh fakultas yang dimilikinya, melalui tiga jalur penerimaan mahasiswa baru untuk program sarjana (S1).

"Kuota penerimaan mahasiswa baru yang ditetapkan untuk tahun ini, yakni 40 persen diambilkan dari SNMPTN, SBMPTN sebesar 30 persen, sementara sisanya diambilkan dari jalur mandiri," katanya.

Menurut dia, penentuan komposisi kuota penerimaan mahasiswa baru sesuai aturan dan otoritas dari Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi juga disesuaikan dengan kewenangan kampus setempat. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016