Klungkung (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Kesehatan (Diskes) setempat melakukan persiapan untuk melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Persiapan ini terungkap dengan dilakukannya Rapat Pokja Pelaksanaan PIN Polio yang dihadiri Bupati Klungkung Nyoman Suwirta. Bupati didampingi Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung drg Wayan Jaya Putra di Ruang Rapat Bupati Klungkung, Kamis.

Acara ini dihadiri Kepala Bappeda Wayan Wasta, Direktur Rumah Sakit Umum Kabupaten Klungkung dr I Nyoman Kesuma MPH, serta Perwakilan dari Puskesmas se-Kabupaten Klungkung.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung drg Wayan Jaya Putra mengatakan, Dinas Kesehatan setempat telah menyosialisasikan ke masing-masing kecamatan terkait dengan pelaksanaan PIN Polio ini.

Kegiatan ini akan dilakukan serentak seluruh daerah di Indonesia. Untuk di Kabupaten Klungkung kegiatan PIN Polio dilaksanakan pada tgl 15-22 Maret 2016 mendatang dengan sasaran semua anak usia 0-59 bulan, tanpa memandang status imunisasinya.

Waktu pelayanan PIN Polio di masing-masing Pos PIN mulai pukul 08.00-12.00 Wita. Pelayanan PIN Polio dapat diperoleh di Puskesmas, Posyandu, dan Rumah Sakit Pemerintah.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta dalam kesempatan itu menyebutkan, pihaknya menyambut baik program nasional dalam mencegah polio. Pihaknya mengintruksikan kepada pelayan kesehatan agar pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional disebarluaskan ke masyarakat.

Banyak kematian dan kecacatan yang disebabkan oleh penyakit, yang dapat dicegah dengan imunisasi. Di antaranya adalah polio. Selain merupakan program nasional, imunisasi merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat efektif.

"Khususnya untuk pelayanan kesehatan agar dipahami dengan benar dan disebarluaskan ke masyarakat, mengenai pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Klungkung," ujar Bupati Suwirta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016