Amlapura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali melalui Bagian Organisasi Setda menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Cascading Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi menghadirkan seluruh kepala SKPD, sekretaris SKPD, Kasubag/Kasi Sunprog atau yang membidangi program dan pelaporan pada masing-masing SKPD di jajaran Pemkab setempat. Narasumber kegiatan itu dari Biro Organisasi Provinsi Bali I Made Dwi Dewata.

Sekda Kabupaten Karangasem Gede Adnya Mulyadi, Senin, mengatakan tujuan Bimtek Cascading ini adalah memberikan pemahaman mengenai proses dan cara penyusunan LAKIP kepada pegawai yang menangani laporan, sekaligus untuk terwujudnya LAKIP yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dia mengatakan, harapannya nanti LAKIP Kabupaten Karangasem terus naik tingkat akuntabilitas kinerjanya dari peringkat B dari nilai 60,67 di tahun 2015 lalu, menjadi naik pada peringkat BB pada tahun 2016.

Instansi pemerintah daerah, lanjut Adnya Mulyadi, dengan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan visi misi organisasi selain memiliki persoalan-persoalan di bidang pengelolaan keuangan daerah, juga dituntut untuk melakukan evaluasi terhadap LAKIP.

Laporan akuntabilitas suatu instansi pemerintah, merupakan perwujudan kewajiban instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan keberhasilan atau gagalnya pelaksanaan misi instansi yang bersangkutan. Sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden No. 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) melalui SAKIP.

Menurut dia, sebagai tindak lanjut dari SAKIP perlu dilakukan evaluasi terhadap Laporan AKIP yang telah disusun instansi, sebagai masukan atau umpan balik terhadap program-program serta kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan instansi yang bersangkutan.

"Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta Bimtek dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan teknik penyusunan LAKIP," katanya.

Dia melanjutkan, peserta Bimtek diharap memahami fungsi LAKIP dan pentingnya penyusunan serta evaluasi terhadap LAKIP, mengevaluasi dan melakukan analisis terhadap indikator-indikator LAKIP, dimulai sejak penyusunan program kerja atau kegiatan sampai dengan pencapaian kegiatan.

Kegiatan yang ditujukan untuk mengetahui fungsi dan isu-isu srategis dalam meningkatkan kinerja masing-masing SKPD ini, bertempat di Wantilan Kantor Bupati Karangasem. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016