Denpasar (Antara Bali) - Telkomsel sebagai salah satu anggota Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) memberikan layanan internet dan telepon gratis di Media Center Cemorolawang Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jatim.

Status Gunung Bromo yang telah dinyatakan awas, memerlukan dukungan sarana dan prasarana komunikasi bagi Tim SAR, TRC maupun Posko Kesehatan, kata Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Gilang Prasetya, dalam penjelasan yang diterima ANTARA di Denpasar, Rabu.

Dijelaskan, pihaknya sebagai anggota SRC-PB bidang telekomunikasi menyediakan "router Wifi" dan perangkat telepon untuk mendukung layanan internet serta telepon gratis di Media Center Tanggap Darurat Pos Pemantauan Gunung Berapi Gunung Bromo Cemorolawang.

"Sejak Gunung Bromo mengalami erupsi, Jumat (26/11), masyarakat sekitar, terutama hingga radius terdekat, sangat  membutuhkan informasi terkini dan valid terkait perkembangan yang terjadi. Karena itu kami terus meningkatkan layanan, termasuk kekuatan jaringan," katanya.

Hal itu terutama untuk memenuhi kebutuhan para jurnalis dan instansi yang memanfaatkan layanan data untuk melaporkan secara cepat tentang kondisi terakhir dari lokasi bencana.

Kini terdapat lebih dari 3.000 menara pemancar sinyal (BTS) Telkomsel yang tersebar di Jawa Timur dan salah satunya memiliki cakupan di sekitar daerah Kecamatan Poncokusumo.

Wilayah Poncokusumo merupakan daerah lokasi pengungsian yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten  Malang. BTS – BTS tersebut dipantau setiap saat dan dipastikan sampai saat ini dalam keadaan baik.

Menurut Gilang, disamping memastikan jaringan agar selalu dalam kondisi baik, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna memantau kebutuhan paling mendesak bagi masyarakat.

"Baik layanan komunikasi maupun bantuan natura akan tetap kami evaluasi sesuai kebutuhan. Selain memfasilitasi media center, kami juga akan mendirikan posko layanan di lokasi pengungsian dengan melihat kondisi terkini," ujarnya.

Pada posko tersebut masyarakat bisa menikmati layanan telepon umum dan akses internet  gratis. Selain itu Telkomsel juga akan menambahkan layanan pengisian baterai (recharge handphone) gratis di setiap posko.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010