Gianyar (Antara Bali) - Dinas Pariwisata (Diparda) Kabupaten Gianyar, Bali melaksanakan program Gerakan Senyum dan Bersih, suatu gerakan yang mengajak masyarakat untuk selalu senyum, ramah dan peduli lingkungan dalam memasuki tahun 2016.

"Gerakan tersebut akan diawali dengan penghijauan di kawasan objek wisata Gunung Kawi Tampaksiring dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat hari Jumat (15/1)," kata Kepala Dinas Disparda Gianyar Anak Agung Ari Brahmanta, Kamis.

Ia mengatakan, Gerakan Senyum dan Bersih itu diharapkan mampu mengembalikan dan meningkatkan citra masyarakat Bali yang selama ini dikenal ramah kepada siapa saja termasuk wisatawan mancanegara.

Selain itu mengajak masyarakat mencintai lingkungan, melakukan penghijauan dan mengatasi masalah sampah yang hingga kini belum dapat ditangani secara tuntas.

Agung Ari Brahmanta menambahkan, salah satu kegiatan dari gerakan tersebut adalah penghijauan secara bertahap di objek-objek wisata yang di Gianyar dengan melibatkan masyarakat sekitarnya serta pihak swasta sekaligus melakukan penyuluhan tentang Sapta Pesona.

Kegiatan tersebut dikemas dalam gerak jalan santai bersama kekeluargaan diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran akan kelestarian lingkungan serta kebersihan.

"Penghijauan juga terkait dengan Hari Pohon Sedunia dan khusus di Gunung Kawi Tampaksiring untuk mengenang jasa Raja Dinasti Warmadewa yakni pada pemerintahan Raja Marakata dan Anak Wungsu yang peduli dengan penghijauan dan pengairan," ujar A.A. Ari Brahmanta.

Ratusan tanaman buah-buahan dan tanaman upakara lainnya akan ditanam di kawasan Gunung Kawi serta sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Pakerisan. Selanjutnya, tanaman sejenis juga akan ditanam di objek wisata lainnya melibatkan masyarakat sekitarnya.

Ari Brahmanta mengharapkan dengan kegiatan tersebut masyarakat selalu mendukung dan dapat bekerja sama khususnya dalam pengembangan destinasi wisata, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Putu Artayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016