Jakarta1 (Antara Bali) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan perdamaian antara Arab Saudi dan Iran berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dunia sehingga Pemerintah Indonesia menaruh perhatian khusus terhadap upaya ini.

"Indonesia concern terhadap situasi hubungan antara kedua negara tersebut. Kami menyampaikan bahwa perdamaian dan stabilitas keamanan di Timur Tengah sangat besar artinya bagi dunia," kata Retno di Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat, Sabtu malam.

Hubungan baik antara kedua negara  sangat berpengaruh pada kondisi perdamaian dan keamanan di kawasan.

Oleh karena itu, lanjut Retno, Pemerintah Indonesia berupaya serius mewujudkan perdamaian antara Arab Saudi dan Iran.

"Sebagai sahabat Arab Saudi dan sahabat Iran, kita bersedia membantu apabila ada hal-hal yang dapat dilakukan demi memperbaiki situasi. Indonesia sangat berharap hubungan kedua negara itu dapat pulih," jelasnya.

Terkait keinginan Pemerintah Indonesia mendamaikan kedua negara, Presiden Joko Widodo mengutus Retno untuk menyampaikan surat kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan Presiden Iran Hassan Rouhani.

"Presiden mengutus Menlu untuk membawa surat Presiden kepada Raja Arab Saudi dan Presiden Iran, dan kami sudah melakukan komunikasi dengan kedua Menlu dari negara tersebut," kata Retno.

Komunikasi paralel antara Menlu Retno dengan Menlu Arab Saudi dan Menlu Iran dilakukan secara rutin, khususnya setelah inisiatif Presiden Joko Widodo untuk membawa perdamaian bagi kedua negara itu. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Fransiska Ninditya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016