Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika bersama Kepala Polda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto dan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan memantau pengamanan Misa Malam Natal di sejumlah gereja di Kabupaten Badung dan Denpasar.

Gubernur, Kapolda dan Kasdam Udayana tiba di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar, Kamis, sekitar pukul 19.00 Wita saat umat tengah melaksanakan Misa Malam Natal pertama.

Ketiga petinggi pemerintah daerah dan lembaga negara itu ingin memastikan keamanan dalam pelaksanaan ibadah malam Natal umat Kristen di salah satu gereja terbesar di Denpasar tersebut.

Di gereja megah dengan arsitektur Eropa dan Bali itu, panitia mengadakan dua kali Misa Malam Natal yakni pukul 18.00 dan 21.00 Wita.

Sedangkan pada saat Natal, panitia setempat melaksanakan tiga kali misa yakni pukul 06.30, 09.00 dan 17.30 Wita dengan jumlah umat yang datang sekali misa bisa mencapai sekitar enam ribu orang.

Sebelumnya Mangku Pastika, Sugeng Priyanto dan Hadi Kusnan bersama-sama memantau kesiapan Natal di Gereja Puja Mandala di Nusa Dua dan Gereja Fransiskus Xaferius di Kuta.

Tak hanya memantau keamanan dan kesiapan Natal di gereja besar tersebut, ketiganya juga memantau jalur wisata di antaranya kawasan Kuta yang padat dengan wisatawan domestik dan mancanegara jelang libur akhir tahun.

Kepolisian Daerah Bali mengerahkan 8.384 orang personel terdiri dari 2.177 personel polda dan 6.207 personel pada masing-masing polres untuk pengamanan Natal dan malam pergantian tahun.

Selain itu, 1.144 personel pengamanan lain juga diturunkan dari unsur TNI dan instansi terkait lainnya.

Petugas pengamanan adat khas Bali atau pecalang juga ikut terlibat mengamankan kegiatan ibadah di setiap gereja yang ada di masing-masing desa. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015