Singaraja (Antara Bali) - Kabupaten Buleleng, Bali siap menjadi tuan rumah kualifikasi cabang olahraga (cabor) Polo Air Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 di Jawa Barat pada 2016.

"Sebanyak sepuluh tim polo air putri berebut tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun mendatang," kata Ketua KONI Buleleng Nyoman Artha Widnyana di Singaraja, Jumat.

Ia menjelaskan, tim-tim itu akan bertanding memperebutkan empat tiket PON dalam babak kualifikasi PON yang akan dilaksanakan di Kolam Renang Pidada, Kelurahan Banyuasri, Singaraja pada Selasa (8/12) pekan depan.

"Kolam renang Pidada dipilih karena merupakan kolam renang terbaik di Pulau Dewata, selain itu juga sering dilangsungkan ajang nasional di kolam tersebut," kata dia.

Ia menambahkan, penunjukan Buleleng sebagai tuan rumah kualifikasi PON untuk cabang olahraga polo air, dituangkan dalam Surat Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) pada 17 November lalu.

Dikatakan, dalam surat itu Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Bali langsung ditunjuk sebagai tuan rumah dengan lokasi pelaksanaan di Kolam Renang Pidada.

Selain itu, kata dia, selain empat tiket itu, tim tuan rumah Jawa Barat otomatis masuk ke ajang PON karena mendapat `wild card` sebagai tuan rumah.

Artha mengatakan secara umum persiapan terhadap kolam renang sudah cukup baik. "Kami rasa tidak perlu ada perlakuan khusus. Karena bulan lalu, kami juga sudah jadi tuan rumah Kejurnas Polo Air U-16, dan sudah dianggap baik oleh PB PRSI," kata Artha Widnyana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015