Tabanan (Antara Bali)- Konsep Tat Twam Asi (Togetherness In Harmony) menjadi tema besar peringatan HUT Kota Tabanan Ke-522 pada tahun ini, sehingga harapannya, peringatan HUT Kota Tabanan ini mampu membangkitkan rasa kebersamaan dan persaudaraan antarsemua elemen masyarakat di Kabupaten Tabanan.

Karena itu, berbagai kegiatan yang digelar untuk memperingati hari jadi Kota Tabanan ini diupayakan agar mengusung tema ini. Seperti dikatakan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tabanan I Putu Dian Setiawan di Kantor Bupati Tabanan, Kamis (26/11).

Menurutnya, selain menggelar acara bertema sosial, dalam HUT Kota tahun ini juga diisi dengan pameran UMKM serta acara yang diharapkan mampu menjaga kearifan lokal masyarakat Bali seperti salah satunya lomba penjor yang diikuti masing-masing SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

" Sebagai abdi negara dan masyarakat, kami berupaya memberikan contoh yang baik utamanya bagi generasi muda. Pemkab Tabanan melalui seluruh SKPD-nya menyelenggarakan lomba penjor yang diharapkan mampu mempertahankan kearifan lokal masyarakat Bali karena saat ini masyarakat sudah terbiasa membeli bahan penjor yang sudah jadi tanpa berusaha membuat dengan inovasinya sendiri," ungkapnya.

Ditambahkan, untuk kegiatan hari Jumat (27/11), berbagai acara digelar untuk memeriahkan HUT Kota Tabanan seperti pelepasan tukik dan bersih-bersih di areal Pantai Yeh Gangga, demonstrasi memasak aneka olahan ikan dalam Gerakan Makan Ikan di Gedung Maria, Tabanan, pembukaan pameran UMKM di area Taman Kota dan pemilihan Jegeg Bagus Tabanan di Gedung Maria.

" Hari ini ada banyak kegiatan yang kami selenggarakan mulai dari pagi hingga malam hari. Malam harinya akan diadakan pembukaan dan pameran UMKM, pelayanan mobil sehat, dan pementasan bondres di areal Taman Kota dan Gedung Maria. Kami ingin seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dengan mengunjungi stan pameran kami serta menyaksikan berbagai hiburan yang diselenggarakan," imbuhnya.

Putu Dian berharap, momen peringatan HUT Kota tahun ini mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi seluruh masyarakat Tabanan. Sehingga, masyarakat Tabanan bisa bangga menjadi warga Tabanan.

Menurutnya, meskipun acara peringatan di tahun ini tidak sepadat tahun sebelumnya, namun diupayakan tetap memberikan kesan yang mendalam serta manfaat dan kontribusi positif bagi seluruh masyarakat Tabanan.

" Kami berharap seluruh rangkaian acara berjalan lancar hingga nanti puncaknya pada tanggal 30 November mendatang. Hal ini tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak, semoga Tabanan lebih baik lagi ke depannya dan kami berharap kita semua bangga menjadi warga Tabanan," tandasnya.

Untuk kreasi penjor yang dibuat masing-masing SKPD di Kabupaten Tabanan saat ini sudah terpasang di beberapa titik strategis. Seperti di jalan protokol depan Kantor Bupati Tabanan, di Lapangan Alit Saputra, di Lapangan Debes serta areal Gedung Maria.

Pemenang lomba penjor akan diumumkan pada peringatan puncak HUT Kota Tabanan. Bagi masyarakat yang ingin melihat hasil kreasi penjor SKPD Kabupaten Tabanan bisa melihatnya di empat titik tersebut.

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015