Denpasar (Antara Bali) - I Nyoman Budhiana, pewarta foto Perum LKBN Antara Biro Bali, keluar sebagai juara III dalam lomba tingkat nasional "Citilink Journalist Award" (CJA) 2015 untuk kategori berita foto media cetak.

Penghargaan kepada para juara berupa tropi, uang tunai dan tiket pesawat Citilink untuk bepergian di wilayah Indonesia itu diserahkan Presiden & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan dan pejabat Citilink lainnya disaksikan sekitar 150 undangan di Jakarta, Rabu (18/11) malam.

Karya foto Budiana yang berjudul "Bandara Ngurah Rai Tutup" meraih juara III setelah karya Susanto (Media Indonesia) dan R. Rekotomo (Perum LKBN Antara). Karya itu diseleksi dari sekitar 4.000 foto jurnalistik oleh tim independen dari akademisi dan praktisi media.

Panitia menetapkan masing-masing tiga juara untuk keenam kategori yang meliputi kategori berita media cetak, feature media cetak dan online, berita media olnine, berita foto media online dan kategori berita televisi.

Dua wartawan Antara lainnya juga mendapat juara untuk karegori berita foto media online yakni F B Anggoro sebagai juara II dengan judul "Bandara Sultan Syarif Kasim II Lumpuh" dan juara III Ahmad Subaidi dengan judul "Bandara Terbaik Ketiga Dunia".

Ia mengatakan, media massa nasional masih mendominasi penghargaan CJA tahun 2015.

Pihaknya kembali memberikan penghargaan kepada wartawan yang menghasilkan karya-karya jurnalistik sebagai bentuk apresiasi terhadap profesionalisme wartawan Indonesia.

Media mendapatkan tempat yang penting bagi Citilink, mengingat salah satu penopang kemajuan perusahaan. CJA 2015 memasuki tahun keempat pelaksanaannya dan akan terus menyelenggarakan kegiatan serupa, mengingat media berperan dalam kemajuan bangsa dan negara.
Pemberian apresiasi terhadap media adalah untuk mendukung pembentukan media yang kuat dan bermartabat. Untuk itu peningkatan kualitas media juga perlu terus didorong sehingga mampu memberikan pemahaman yang jelas terhadap penerbangan, ujar Albert Burhan.

I Nyoman Budhiana pada Agustus 2014 juga menjadi juara katagori foto cerita (foto essay) pada lomba foto bertema "Ibu Anak dan Masa Depan Bangsa".

Lima foto bercerita Budiana berjudul "Kasih Ibu Amerika" itu meraih juara dalam ajang apresiasi karya wartawan foto Indonesia dengan total hadiah sebesar Rp45 juta yang diserahkan di Yogyakarta.

Sementara itu foto berjudul "Bercahaya" yang menampilkan Tari Legong pada Pesta Kesenian Bali (PKB) 2013 karya Nyoman Budhiana juga meraih juara favorit dalam lomba foto Astra 2014 dalam kategori foto jurnalistik.

Lomba foto yang digelar oleh PT Astra International Tbk itu dimaksudkan untuk mengajak masyarakat Indonesia pecinta fotografi untuk mengekspresikan kecintaan terhadap seni dan nilai-nilai tradisi kebudayaan Indonesia. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015