Denpasar (Antara Bali) - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kerja sama Media Jawa Pos Group akan menyelenggarakan "Indonesia Scouts Challenge" (ISC) 2015-2016 dengan melibatkan para siswa tingkat penggalang untuk berkompetesi hingga ke tingkat nasional.

Direktur Koran Harian Radar Bali, Made Warsa saat bertatap muka dengan Sekda Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara di Denpasar, Selasa mengatakan ISC adalah aktivitas berkemah sekaligus berkompetisi untuk anak didik atau tingkat penggalang kelas IV hingga V sekolah dasar dengan usia maksimal 12 tahun.

"Kegiatan seleksi ini dari tingkatan kabupaten, provinsi, hingga nasional. Pemenang kegiatan ini akan diberikan penghargaan dan berangkat ke Amerika Serikat. Oleh karena itu kami mohon dukungan dari Pemkot Denpasar," katanya.

Rai Warsa lebih lanjut mengatakan ISC rencananya mulai digelar pertengahan tahun 2016 di sejumlah kota dan kabupaten di Jawa dan Bali. Ditargetkan, dua juta pelajar bisa mengikuti ISC tahap awal. Untuk peserta kegiatan ISC merupakan anggota Pramuka dengan usia maksimal 12 tahun.

Sistem kompetisi itu diawali dengan seleksi "regional championship" (tingkat kabupaten/kota). Pemenang regu putra dan putri terbaik dari setiap regional berhak lolos ke "province championship" (tingkat provinsi).

Pada puncaknya, kata dia, wakil dari setiap provinsi akan berangkat ke "national championship". Regu putra dan putri terbaik akan menyandang predikat sebagai juara nasional.

"Mereka bakal berkesempatan terbang ke Amerika Serikat serta berhak menerima hadiah tabungan pendidikan," ucap Rai Warsa.

Sementara itu, Sekda Kota Denpasar Rai Iswara mengapresiasi kegiatan ISC karena sebagai aktivitas berkemah sekaligus berkompetisi yang seru untuk anak didik.

Rai Iswara mengatakan kegiatan pramuka berpotensi sangat besar di dalam mendidik karakter anak didik. Sebab, dalam Pramuka anak-anak bisa langsung diajarkan keterampilan, ketangkasan, kerja sama dan pembentukan karakter yang mungkin tak cukup didapatkan dari sekolah saja.

"Semoga dalam acara ISC ini anak didik Kota Denpasar bisa lolos dan bisa ke Amerika Serikat untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luas. Dan saya berharap komitmen Jawa Pos ini dilakukan secara berkesinambungan dan terus dikembangkan ke seluruh Indonesia," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015