Denpasar (Antara Bali) - Kepala Staf Angkatan Darat Komando Daerah Militer IX/Udayana Brigadir Jenderal Hadi Kusnan menyatakan bahwa reaktualisasi nilai-nilai Pancasila merupakan solusi menyatukan kekuatan elemen bangsa dalam mewujudkan kejayaan negara di masa depan.

"Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini nilai-nilai kebangsaan sudah semakin memudar atau terkikis di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara yang diakibatkan oleh gempuran gelombang modernisasi serta globalisasi," katanya di Denpasar, Jumat.

Menurut dia, menyikapi hal itu ia meminta masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk kegiatan yang dapat merongrong keutuhan dan kedaulatan Negara Kasatuan Republik Indonesia.

Pihaknya mengapresiasi adanya aksi Pemuda di Bali untuk menyatakan sikap dengan tema "Pancasila Adalah Kita" sebagai kesatuan sikap dan tekad dalam menguatkan kembali jati diri bangsa yang sudah mulai luntur.

Pernyataan sikap para Pemuda di Pulau Dewata yang tergabung dalam organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan itu bertepatan dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Kamis (1/10) di Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar.

Diharapkan masyarakat luas semakin mengetahui dan menyadari arti penting dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya membangun bangsa yang kuat.

"Mudah-mudahan ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme seluruh elemen bangsa dalam melanjutkan pembangunan bangsa dan negara yang kita cintai," imbuh Kusnan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015