Denpasar (Antara Bali) - Dukungan pemerintah yang kuat terhadap promosi pariwisata ditambah rencana pembebasan visa untuk 30 negara, berpotensi mendorong meningkatnya kinerja industri pariwisata sehingga harapan empat juta turis asing atau wisatawan mancanegara ke Bali 2015 bisa terlampaui.

"Kegiatan seni budaya Bali yang berlangsung sepanjang tahun di Pulau Dewata menjadi salah satu daya tarik masyarakat internasional untuk datang berlibur lebih banyak ke sini," kata Pengamat Pariwisata Dewa Nyoman Putra di Denpasar, Selasa.

Dia optimistis kedatangan turis asing akan jauh lebih banyak menjelang akhir tahun, sebab dalam kondisi sepi wisatawan saja Bali dalam kurun waktu tujuh bulan I-2015 sudah dikunjungi lebih dari dua juta orang belum termasuk lewat darat," kata dia.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali jumlah turis asing yang datang langsung dari negaranya ke Pulau Dewata selama Januari-Juli 2015 sebanyak 2.299.995 orang bertambah 10,09 persen jika dibandingkan periode yang sama 2014 yang hanya 2.089.216 orang.

Bali yang menghandalkan keindaham alam, keramahtamahan penduduk dan ditambah seni budaya yang berlandaskan agama Hindu, masih menjadi destinasi kunjungan favorit turis internasional, maka diharapkan rata-rata 400.000 turis asing setiap bulan ke Bali.

Putra yang juga praktisi dunia pariwisata menggambarkan jumlah kunjungan turis asing asal negara di kawasan Eropa misalnya pelonjakannya cukup drastis dari sebanyak 65.749 orang selama Juni 2015 bertambah menjadi 97.802 orang selama bulan berikutnya. (APP)

Pewarta: Pewarta : I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015