Denpasar (Antara Bali) - Bank Indonesia mencatat realisasi pendapatan Pemerintah Provinsi Bali hingga triwulan II-2015 mencapai Rp2,09 triliun atau sebesar 45,48 persen dari total target tahun ini.

Persentase realisasi terhadap target pada tahun 2015 lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yang tercatat mencapai 56,89 persen, kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali, Dewi Setyowati di Denpasar Jumat.

Ia dalam kajian ekonomi regional Provinsi Bali untuk triwulan II-2015 melaporkan bahwa, penurunan tersebut terutama disebabkan oleh terbatasnya realisasi di pos Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih di bawah 50 persen.

Sementara realisasi komponen lainnya dalam anggaran pendapatan Pemerintah Bali relatif stabil dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Realisasi pos PAD tahun 2015 tercatat 41,29 persen, lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2014 sebesar 60,92 persen.

Berdasarkan komponen PAD, penurunan persentase realisasi terhadap target terjadi di semua komponen pembentuknya, baik di pendapatan pajak daerah, retribusi daerah hasil pengelolaan kekayaan daerah yg dipisahkan.

Ia menyebutkan, terbatasnya realisasi PAD tersebut terjadi seiring dengan perlambatan kinerja perekonomian Bali, yang terutama berdampak pada penurunan retribusi daerah, dan penurunan suku bunga simpanan (Giro) pemerintah di perbankan.

Sementara itu, pos dana perimbangan sedikit mengalami peningkatan dari 54,21 persen pada tahun 2014 menjadi 56,35 persen, terutama didorong oleh komponen dana alokasi khusus yang sudah terealisasi sebesar 55 persen pada triwulan II-2015.

Realisasi pendapatan yang juga mengalami percepatan dibandingkan tahun sebelumnya adalah pos lain-lain pendapatan yang sah. Persentase realisasi pos tersebut pada 2015 mencapai 46,52 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 45,95 persen.

Dari sisi kemandirian fiskal, kemampuan Pemerintah Provinsi Bali dalam membiayai anggarannya cukup baik, sebagaimana tercermin pada rasio PAD terhadap total anggaran pada tahun 2015 yang sebesar 61,64 persen. (APP)

Pewarta: Pewarta : I Ketut Sutika

Editor : Adi Purnama Putra


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015