Denpasar (Antara Bali) - Portal Pemerintah Kota Denpasar berhasil menyabet dua penghargaan di tingkat nasional, yakni "Web Kota Terbaik" dan "Web Terfavorit" dalam lomba "Kabta Web Awards".

"Kita bersyukur portal atau website Pemkot Denpasar dengan domain www.denpasarkota.go.id berhasil menyabet emas di tingkat nasional," kata Penjabat Wali Kota Anak Agung Gede Geriya saat menerima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar Dewa Made Agung di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan penghargaan tersebut diserahkan Staf Ahli Bidang Pelayanan Publik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Ir H. Irman, MSi di Jakarta belum lama ini. Penghargaan tersebut menjadi penghargaan kedua kalinya diraih Pemkot Denpasar dalam bidang pelayanan dan mendorong transparansi pemerintah kota melalui media website.

"Kami memberikan apresiasi atas kinerja dan pelayanan yang baik telah diberikan kepada masyarakat melalui media teknologi informasi yakni portal (website)," katanya.

Ia mengatakan penghargaan ini juga tidak terlepas dari peran aktif dalam pemenuhan persyaratan website Pemkot Denpasar yang telah mengemas informasi berbagai layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga dari penghargaan ini Dinas Komunikasi dan informatika serta instansi terkait Pemkot Denpasar tidak berpuas diri, yang terus meningkatkan inovasi dan pelayanan kepada masyarakat.

"Jadikan penghargaan ini sebagai cambuk penyemangat dalam meningkatkan pelayanan melalui akses teknologi informasi," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar Dewa Made Agung mengatakan penghargaan ini merupakan hasil penilaian tim internal dan dewan juri "Kabta Web Awards". Peserta dari 416 kabupaten dan 98 kota, hanya 369 website kabupaten dan 96 website kota yang layak dinilai.

Ia mengatakan Website Kota Denpasar satu-satunya meraih dua penghargaan se-Indonesia. Ini karena memenuhi sejumlah persyaratan, yakni aktif digunakan, masuk dalam peringkat Alexa Indonesia, melakukan update informasi, serta memfungsikan situsnya sebagai sarana informasi dan komunikasi.

"Website merupakan salah satu media bagi Pemerintah Kota Denpasar untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa yang sudah dimiliki Kota Denpasar sehingga masyarakat mudah mendapatkan informasi tentang Kota Denpasar," ujarnya.

Selain itu di website denpasarkota.go.id juga telah disediakan pengaduan masyarakat online (PRO Denpasar) yang bisa digunakan masyarakat untuk mengadu tentang keluhan masyarakat yang nantinya akan langsung disampaikan ke SKPD yang bersangkutan agar bisa ditangani secara segera.

"Silakan kepada masyarakat kalau ada keluhan bisa mengadu lewat website, dan selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015