Singaraja (Antara Bali) - Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Kota Singaraja, Bali, Dr I Nyoman Jampel MPd mewisuda sebanyak 1.816 lulusan terdiri atas 441 magister (S2), 1.264 sarjana (S1) dan 111 ahli madya (D3).

"Kami harapkan pada wisuda ke-47 ini, para wisudawan menjadi sosok berkarakter dan dapat bersikap profesional di dunia kerja," kata Rektor Undiksha, I Nyoman Jampel di kampus setempat, Jumat.

Ia menjelaskan, keberhasilan yang diraih mahasiswa-mahasiswi Undiksha dalam menuntaskan studi kuliah merupakan perjuangan melawan rintangan selama menempuh pendidikan.

"Wisuda kali ini kami persembahkan ada 1.816 wisudawan, besar harapan kami kepada wisudawan mampu mengangkat derajat Undiksha," ujarnya didampingi Pembantu Rektor (PR0 I Prof Dr Ida Bagus Putu Aryana, PR II Prof Dr I Wayan Lasmawan, PR III Dr Drs I Gusti Ngurah Pujawan dan PR IV Drs I Wayan Suarnajaya.

Jampel meminta kepada para wisudawan tidak berhenti belajar dan mengembangkan ilmu yang didapat terutama terkait persaingan kompetitif di dunia kerja.

"Ketika seseorang berbicara sarjana yang berkarakter dan professional, yang juga diingat adalah Undiksha, semoga harapan kami bisa diaplikasikan seluruh alumni," katanya sembari menyatakan wisuda tahun ini dilakukan sebanyak dua kali hingga Sabtu (29/8).

Selain itu, Jampel menilai wisudawan ke depan harus mempersiapkan diri memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Desember 2015, kita memasuki MEA dan alumni mesti mampu menguasai bahasa asing (Inggris) agar dapat bersaing dengan negara lain," kata dia.

Sementara itu, sejumlah penghargaan lulusan "cumlaude" tingkat fakultas dan program pascasarjana, yakni Luh Putu Widya Aristayani, dari FBS Jurusan D3 Bahasa Inggris meraih IPK 3,95, Ni Made Hemayanti Widari dari Pascasarjana Jurusan Pendidikan Bahasa IPK 3,86.

Komang Agus Sudarma dari FEB D3 Akuntansi IPK 3,85. I Kadek Parmadi dari FIS Jurusan Sejarah IPK 3,65.

Selanjutnya, lulusan atas nama I Dewa Gede Putra Kisawa dari FOK Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dengan IPK 3,97. Ni Made Defy Janurianti dari FMIPA Jurusan D3 Analis Kimia dengan IPK 3,96.

Ni Luh Pudiarsini dari FIP Jurusan Pendidikan Guru PAUD dengan IPK 3,96 serta Kadek Ady Sumiarta dari FTK Jurusan D3 Manajemen Informatika dengan IPK 3,96. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015