Jakarta (Antara Bali) - Wakil pemuda dari lima negara mengikuti program Lintas Nusantara Pemuda Bahari (LNPB) yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan didukung penuh oleh TNI AL.

Sesuai dengan rencana, 600 pemuda dan pemudi dari lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar dan Timor Leste ini akan menjalankan misi ke Sail Tomini 2015 dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni dari dermaga Tanjung Priuk, Jakarta, Jumat.

"Kami sering mengikuti program kepemudaan yang digagas Kemenpora. Tapi untuk program Kapal Pemuda Nusantara dan Lintas Nusantara baru sekali ini," kata Kepala Departemen Kepemudaan Timor Leste, Florindo Napoleao di sela penandatanganan MoU antara Kemenpora dan TNI AL.

MoU antara Kemenpora dengan TNI AL dilakukan di atas KRI Teluk Bintuni 520, Kamis malam (27/8) dengan fokus pemanfaatan sumber daya yang dimiliki keduanya dilakukan langsung oleh Menpora Imam Nahrawi dengan KASAL Laksamana TNI Ade Supandi.

Menurut Florindo, pada kegiatan Kapal Pemuda Nusantara dan LNPB ini pihaknya mengirimkan dua pemudanya. Namun, dirinya juga akan terlibat langsung dalam pendampingan selama satu bulan atau selama kegiatan berlangsung.

"Saya akan ikut di kapal ini selama satu bulan. Tanggal 26 September nanti kembali ke sini (Jakarta) dan tanggal 27 saya baru akan kembali ke Timor Leste. Pasti banyak pengalaman dalam perjalanan ini," kata pria yang juga pendiri salah satu partai di Timor Leste itu.

Pihaknya berharap, dengan mengikuti kegiatan kepemudaan seperti saat ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hubungan antarpemuda terutama di wilayah ASEAN. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Bayu Kuncahyo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015