Singaraja, (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali menggelar lomba perahu layar dalam rangka memperingari Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-70.

"Lomba mengambil garis awal (start) di Pantai Kerobokan, Kecamatan Sawan dan mengambil akhir (finish) di Pantai Binaria Lovina, Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng," kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana di Singaraja, Selasa.

Ia menjelaskan, dalam lomba tersebut pihaknya melibatkan sebanyak 101 peserta dari beberapa daerah di Pulau Dewata termasuk beberapa peserta dari luar daerah.

Agus Suradnyana menambahkan, selain untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-70, kegiatan itu juga merupakan sinergitas dengan dunia pariwisata yang berkembang di kedua Pantai sebagai lokasi awal dan akhir lomba.

"Dalam lomba tersebut, finishnya di Lovina dan akan pertunjukan di sana, ini merupakan sinergitas antara bidang olahraga dengan dunia pariwisata," tambahnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Buleleng, I Nyoman Sutrisna menjelaskan, lomba perahu layar rutin dieselenggarakan setiap tahunnnya karena Buleleng merupakan daerah pesisir dengan garis pantai terpanjang di Bali yang mencapai 144 km.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Diskanla Buleleng mengemas lomba perahu layar dengan menggabungkan beberapa unsur yakni seni, budaya dan olahraga,

"Satu di antaranya dengan melibatkan Desa Pakraman Buleleng dalam menampilkan baleganjur sesaat sebelum dimulainya lomba sehingga menambah kesan semarak dan spiritual," kata dia.

Selain itu, pada kegiatan ini Diskanla juga mensosialisasikan gerakan gemar makan ikan dan satu di antaranya dengan membagikan 4.000 tusuk sate di Pantai Kerobokan dan Lovina.

Ia menambahkan, di dua pantai tersebut pihaknya menebar 10.000 bibit ikan kakap bekerja sama dengan perusahaan pembenihan kakap senilai Rp28 juta. (KUN)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015