Tabanan (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali meraih piagam penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) 2015 berkat prestasinya dalam bidang koperasi dan UKM.

"Penghargaan dan prestasi tingkat nasional untuk Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga bersamaan dengan penerima dari sejumlah daerah di Indonesia pada puncak peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional Ke-68 di Kupang, Nusa Tenggara Timur," kata Sekda Tabanan Wirna Ariwangsa didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Anak Agung Tresna Dalem di Tabanan, Minggu.

Sekda Wirna Ariwangsa pada kesempatan itu mewakili Bupati Tabanan menerima penghargaan bidang koperasi dalam acara di Kupang, NTT yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada 12 Juli lalu.

Sekda Wirna Ariwangsa selanjutnya menyerahkan piagam penghargaan serta lencana tersebut kepada Bupati Eka di ruang kerjanya Sabtu (1/8).

I Nyoman Wirna Ariwangsa menjelaskan, penghargaan tingkat nasional tersebut berkat komtimen dan keberpihakan Pemkab Tabanan dibawah kepemimpinan Bupati Eka dalam memberdayakan koperasi dan sektor UKM.

"Komitmen itu dalam bentuk regulasi serta dukungan anggaran, sehingga koperasi di Kabupaten Tabanan berkembang dengan baik," ujar Sekda Wirna.

Selain itu, inovasi yang diterapkan Pemkab Tabanan melalui satuan kerja yang membidangi urusan perkoperasian juga menjadi salah satu penilaian yang sangat penting, khususnya inovasi yang berkaitan dengan pelayanan kepada koperasi dan sektor UKM.

"Ini ditunjukkan dengan perkembangan koperasi dan UKM di Tabanan, baik secara kualitas maupun kuantitas," ujar Sekda Wirna Ariwangsa.

Dengan dukungan tersebut mampu mengantarkan koperasi dan sektor UKM di Tabanan memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi kerakyatan.

Hal itu dibuktikan dengan kiprah sejumlah koperasi di daerah "Gudang Beras" itu mampu meraih prestasi di tingkat provinsi Bali maupun nasional.

"Pada 2014, KUD Rejasa sempat mendapatkan penghargaan tingkat provinsi Bali dan nasional," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Batanan Anak Agung Tresna Dalem.

Bupati Eka menyambut hangat pemberian penghargaan tersebut. Menurutnya, selain memberikan kebanggan tersendiri, penghargaan ini juga perlu dijadikan motivasi bagi Pemkab Tabanan untuk berbuat lebih maksimal, khususnya dalam membuat kebijakan yang menunjang perkembangan koperasi dan sektor UKM.

Ia mengharapkan penghargaan tersebut mampu menjadi motivasi untuk berbuat lebih maksimal lagi bidang koperasi dan sektor UKM di masa mendatang bukan membuat cepat puas diri. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015