Karangasem (Antara Bali) - Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem dipadati sejumlah kendaraan yang hendak nyeberang ke Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada H-1 Lebaran Idul Fitri 1436 H/2015, Kamis.

Arus penyeberangan dari Bali ke Lombok, Nusa Tenggara Barat itu berlangsung lancar tanpa hambatan, karena begitu pemudik datang baik menggunakan sepeda motor maupun penyeberangan langsung naik kapal.

PT ASDP Padangbai, Karangasem, Bali, mencatat sebanyak 21.744 orang meninggalkan Bali, melalui Pelabuhan Padangbai, Karangasem selama arus mudik lebaran dari H-7 hingga H-4 Lebaran.

Dibandingkan arus mudik lebaran tahun 2014 lalu, jumlah itu jauh lebih banyak. karena data arus mudik lebaran tahun 2014, hingga H-4 tercatat sebanyak 17.455 orang.

Manager Operasional ASDP Padangbai, Arsil Usman memperkirakan prediksi jumlah pemudik nyeberang ke Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan meningkat hingga mencapai 60 ribu orang.

Hingga lebaran nanti, kami perkirakan akan ada 60 ribu pemudik melalui Padangbai. Prediksi itu berdasarkan pertumbuhan ekonomi, ungkap Arsil Usman.

Hingga H-1 Lebaran, arus mudik di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, sepi penumpang.

Sebelumnya, pihak PT ASDP Padangbai, memperkirakan, jumlah penumpang tujuan Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), itu bakal terjadi lonjakan penumpang saat H-3.

Lantaran sepi, jumlah armada kapal yang dioperasikan, hanya mencapai 12 armada. Pengoperasian jumlah kapal tersebut, sama halnya ketika tidak terjadi arus mudik lebaran.

"Sampai sekarang, hanya mengoperasikan 12 kapal, karena sepi. Tidak sampai terjadi antrean penumpang," ujar Manager Operasional PT ASDP Padangbai, Arsil Usman.

Karena sepi penumpang, beberapa kapal yang belum berisi penumpang, harus diberangkatkan ke Pelabuhan Lembar. Sudah waktunya, harus berangkat. Walaupun belum penuh, kata Arsil.

Dia memprediksi, sepinya arus mudik penumpang pada H-1 Lebaran itu, karena liburan panjang. Banyak yangs sudah mudik jauh-jauh hari. "Banyak mudik sebelum arus mudik dimulai," tandas Arsil. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015