Kuta, Bali (Antara Bali) - Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia Xtra siap mengembalikan uang dari tiket calon penumpang atau "refund" setelah seluruh penerbangan di Bali dibatalkan pasca-erupsi Gunung Raung di Jawa Timur.

"Refund siap kami berikan ini tergantung masing-masing `airline` karena mereka memiliki prosedur standar berbeda," kata Direktur Safety and Security Indonesia AirAsia Extra, Jurry Soerya Wiharko dalam keterangan pers bersama di Kantor Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumat.

Refund tersebut, lanjut dia, akan diberikan apabila ada calon penumpang yang mengajukan untuk mengganti tiket penerbangan yang tidak jadi digunakan setelah pembatalan penerbangan di bandara itu.

Pihak maskapai, lanjut dia, telah memberitahukan kepada calon penumpang di antaranya melalui surat elektronik terkait pembatalan penerbangan tersebut.

Maskapai penerbangan juga siap mengakomodasi logistik termasuk penginapan tambahan selama pembatalan jadwal penerbangan maskapai yang berbasis di Malaysia itu. "Pemberitahuan lebih awal sudah dilakukan. Kami juga memberikan pengamanan untuk kembali ke hotel," katanya.

Jurry lebih lanjut menjelaskan bahwa maskapainya membatalkan dua penerbangan untuk Indonesia AirAsia Extra tujuan Melbourne dan Taipe. Seharusnya,lanjut dia, rute Denpasar-Melbourne dijadwalkan terbang pada Kamis (9/7) namun dibatalkan karena erupsi Gunung Raung dan pembatalan itu dilanjutkan hingga Jumat ini.

Sedangkan penerbangan menuju Taipe dijadwalkan terbang pada Jumat ini pukul 18.00 Wita dengan kedua tujuan tersebut penuh dengan penumpang yang masing-masing mencapai 377 orang. Sementara itu, pihaknya memprediksi untuk Indonesia AirAsia, tercatat sekitar 33 jadwal penerbangan dibatalkan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015