Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 207 mahasiswa Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar, Bali mendapatkan bantuan beasiswa sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik sehingga dapat bersaing dalam dunia kerja.

"Untuk tahun ini, beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi, kurang mampu, dan memiliki keaktifan di kampus," kata Wakil Rektor III Unhi, Dr Ir E Dewi Yuliana, MSi di kampus setempat, Selasa.

Ia mengatakan, bantuan beasiswa yang disalurkan kepada mahasiswa berasal dari berbagai sumber, bukan hanya berasal dari intern kampus saja tetapi dari luar kampus.

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bebas biaya perkuliahan yang diberikan pihak kampus sebanyak 24 orang, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa miskin dari Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama sebanyak 138 orang, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Peningkatakan Prestasi Akademik (PPA) Dikti sebanyak 20 orang dan mahasiswa yang dapat beasiswa Bantuan Biaya Peningkatan Prestasi akademik (BP-PPA) Dikti 20 orang.

"Sementara untuk beasiswa Bidikmisi yang merupakan beasiswa khusus hanya diberikan kepada lima orang mahasiswa karena sudah dijatah dari pusat, kata dia.

Ia menambahkan, mahasiswa yang telah terdaftar sebagai penerima beasiswa harus menyertakan beberapa persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa masing-masing. Misalnya, untuk beasiswa kurang mampu, mahasiswa bersangkutan harus melampirkan keterangan kurang mampu dari kepala desa tempat tinggalnya.

Sedangkan, untuk jenis beasiswa prestasi, mahasiswa harus memiliki IPK sesuai ketentuan dan menyertakan beberapa keterangan bahwa mahasiswa bersangkutan memiliki prestasi baik akademik maupun nonakademik.

Selain itu, Dewi Yuliani mengatakan, pihaknya kini sedang melakukan pendekatan terhadap pihak swasta seperti dari Perbankan dan lain-lain sebagai upaya menambah kuota beasiswa.

"Upaya memambah kuota beasiswa terus dilakukan sebagai upaya membantu mahasiswa yang belum tersentuh beasiswa yang rutin diberikan tiap tahunnya," kata dia.

Ia mengharapkan mahasiswa yang meraih beasiswa dapat menggunakan bantuan yang diberikan secara baik dan benar sehingga berujung pada peningkatan prestasi akademik. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Bagus Andi

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015