Denpasar (Antara Bali) - Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional menjelang ramadhan dan hari suci Galungan serta Kuningan.

"Inspeksi mendadak bersama Bapak Wali Kota Rai Mantra untuk mengetahui stok barang dan seberapa kenaikan harga barang menjelang hari raya yang akan datang itu," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Denpasar Wayan Gatra di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan sidak pedagang di pasar tradisional bersama wali kota sudah dilakukan sejak Rabu (17/6) dan secara berkelanjutan akan dilakukan dalam mengantisipasi naiknya harga barang kebutuhan pokok.

"Kami secara berkesinambungan melakukan sidak pasar, terlebih mulai hari ini umat Islam menjalankan ibadah puasa, tentu harga barang pasti naik," ucapnya.

Sementara Wali Kota Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar Wayan Gatra, dan Direktur Perusahan Daerah Pasar Kota Denpasar Made Westra melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memantau perkembangan harga barang di Pasar Kreneng.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Rai Mantra beserta instansi lainnya berkunjung ke kios yang menjual kebutuhan pokok, bumbu dapur, daging dan kios buah-buahan.

"Saya ingin mengetahui secara langsung tentang perkembangan harga menjelang Ramadhan, hari suci Galungan, Kuningan dan Lebaran," kata Rai Mantra.

Dari pemantauan perkembangan harga daging babiyang saat ini mencapai Rp58 ribu per kilogram. Sementara untuk harga bumbu dapur seperti, bawang merah mengalami penurunan dari harga Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp26-28 ribu per kilogram. Harga daging ayam Rp30 ribu per kg, minyak goreng Rp15 ribu per liter.

Wali Kota Rai Mantra memerintahkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar untuk terus melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok saat menjelang perayaan hari-hari besar keagamaan agar tetap stabil.

"Saya minta kepada Kadisperindag untuk terus melakukan pemantauan harga barang terutama sembako, begitu juga stok sembako juga harus dipastikan tersedia," ucapnya.

Rai Mantra juga mengingatkan Kepala PD Pasar agar menjaga kebersihan pasar tradisional dengan tujuan agar masyarakat tertarik berbelanja ke pasar tersebut.

"Tolong jaga kebersihan lingkungan pasar, sehingga masyarakat tertarik berkunjung ke pasar tradisional," ucapnya.

Wayan Gatra menambahkan meski beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan namun stok barang masih cukup.

Hal itu didukung dengan proses kelancaran distribusi barang masih berjalan lancar. Dari pemantauan itu, menurut Gatra penurunan harga terlihat pada bawang merah dari harga Rp30 ribu per kg turun menjadi Rp26 ribu hingga Rp28 ribu per kg.

Gatra mengatakan sesuai dengan intruksi Wali Kota Rai Mantra pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan sidak harga ke pasar tradisional lainnya di Kota Denpasar.

"Perubahan harga menjelang hari raya ini juga disebabkan mekanisme pasar, namun kenaikan ini tidak terlalu tinggi, dan saya pastikan stok barang yang ada di pasaran masih mencukupi," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015