Tabanan (Antara Bali) - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tabanan, Bali menggelar pameran sebagai upaya merekonstruksi pendidikan berbasis masyarakat dengan orientasi pendidikan kecakapan hidup.

Pameran yang melibatkan 23 peserta dari seluruh kecamatan sekaligus dirangkai memeriahkan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) tingkat kabupaten Tabanan yang dibuka Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Sabtu malam.

Ia mengatakan, lewat pameran tersebut diharapkan mampu mengapresiasikan proses penilaian otentik, manajemen berbasis kearifan lokal dan nasional.

Pameran PGRI tersebut digagas Pramuka Kabupaten Tabanan dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, berlangsung selama tiga hari.

Pameran tersebut melibatkan siswa dari seluruh jenjang pendidikan di sepuluh kecamatan, daerah "gudang beras" kabupaten Tabanan.

Sementara Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-37 Kabupaten Tabanan yang sekaligus dibuka pada kesempatan bersamaan berlangsung sehari.

PKB tingkat Kabupaten Tabanan merupakan kegiatan bagi seniman dan budayawan untuk mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk karya seni yang diharapkan dapat memperkaya khasanah seni dan budaya Bali.

PKB kabupaten merupakan ajang uji coba dan pemanasan sebelum tampil di tingkat Provinsi Bali. Kabupaten Tabanan dalam PKB yang akan berlangsung selama sebulan mulai 13 Juni 2015 ikut dalam 23 kegiatan.

Kegiatan tersebut meliputi parade, pameran, pagelaran dan lomba-lomba dalam PKB Provinsi Bali ke-37 yang mengusung tema "Jagadhita" yakni memperkokoh kesejahteraan masyarakat.

Wabup Sanjaya memberikan apresiasi terhadap para siswa yang menorehkan prestasi yang sangat membanggakan. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015