Denpasar (Antara Bali) - Dinas Kesehatan Provinsi Bali mendukung kegiatan hari demam berdarah dengue se-Asia Tenggara atau "ASEAN Dengue Day 2015" dilaksanakan di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Minggu (7/6), sekaligus menyosialisasikan upaya pengendalian penyakit tersebut.

"Dalam kegiatan ini kami melibatkan semua instansi pemerintah, mahasiswa dari sekolah kesehatan, pramuka, kader jumantik, dan masyarakat umum dalam upaya mengendalikan penyakit DBD itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, di Denpasar, Rabu.

Tujuan lain dari kegiatan tersebut, kata Suarjaya, untuk memperkuat kerja sama dan komitmen regional dalam upaya pencegahan demam berdarah tersebut.

Ia menuturkan, peringatan "ASEAN Dengue Day 2015" saat ini mengangkat tema `pemberantasan sarang nyamuk 3M plus mulai dari pintu masuk negara hingga rumah tangga`.

"Dalam kegiatan nanti juga dilakukan penggalangan komitmen dengan membubuhkan tanda tangan di atas spanduk," ujarnya.

Selain itu, dalam kegiatan nanti juga akan dilakukan acara loka karya atau "Talk Show" tentang Demam Berdarah Dengue yang menghadirkan pembicara dari Kementerian Kesehatan.

Suarjaya menuturkan dalam rangka "ASEAN Dengue Day 2015" itu, juga dilakukan kegiatan penyuluhan dengan menggunakan bus yang dimulai pada Minggu (7/6) nanti yang dimulai dari Denpasar-Surabaya-Yogyakarta dan berakhir di Ibukota Indonesia.

Oleh sebab itu, pada 14 Juni nanti bus tiba di Jakarta yang melakukan perjalanan dalam rangka menyosialisasikan kegiatan tersebut. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015