Jakarta (Antara Bali) - Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla membuka Forum dan Pameran Perkotaan, Sanitasi dan Air Bersih atau WSC 2015 di Balai Sidang Jakarta pada Rabu.

"Apapun yang kita bicara sanitasi kalau hanya bicara di konferensi tidak ada gunanya. Yang paling penting semua orang bekerja memperbaiki sanitasi itu," kata Kalla dalam sambutannya.

Menurut Kalla, salah satu hal penting dalam hal perbaikan sanitasi adalah selokan-selokan yang wajib dijaga oleh masyarakat serta pemerintah daerah.

Wapres mengatakan upaya tersebut dapat memberikan suasana kesehatan paling baik dengan ongkos yang murah. "Semua orang di Jakarta harus pelihara bersihkan selokan di rumahnya. Perbaiki peraturan, siapa yang tidak, akan didenda berapa, sejuta atau berapa itu," tegas Kalla.

Forum Perkotaan, Sanitasi dan Air Bersih 2015 (WSC Forum 2015) merupakan kegiatan internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Forum dilaksanakan sejak 27-29 Mei 2015 yang diikuti oleh 550 peserta dari 33 negara.

Perhelatan tersebut diharapkan dapat menjadi wadah pertemuan, pemikiran dan inovasi baru dalam pengembangan sektor air, sanitasi dan permukiman kota.

Forum itu menghimpun enam kegiatan utama seperti seminar Indonesia International Water Week 2015, seminar Municipal Solid Waste Management and Domestic Waste water Management, seminar Smart Planning for Heritage River Cities, National Urban Forum, Youth Program serta pameran kebijakan dan strategi pembangunan di bidang air, sanitasi, dan perkotaan. (WDY)

Pewarta: Oleh Bayu Prasetyo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015