Tabanan (Antara Bali) - Kunjungan wisatawan mancanegara ke derah tujuan wisata Tanah Lot, Desa Beraban, Tabanan, Bali, meningkat sebesar 5,28 persen pada Januari hingga Maret 2015.

"Tahun sebelunya pada periode yang sama jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 314.593 orang dan saat ini total keseluruhan sebanyak 332.121 orang," kata Manajer Operasional DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana di Tabanan, Jumat.

Menurut dia, kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Lot tersebut tidak terlepas dari peran serta pemandu wisata dan seluruh komonen pelaku pariwisata yang telah mempromosikan keindahan dan panorama objek wisata itu yang menjadi salah satu daya tari di Pulau Dewata.

Dari jumlah keseluruhan kunjungan wisatawan mancanegara tersebut masih didominasi oleh negara Tiongkok dan Australia yang lebih banyak mengunjungi destinasi wisata Tanah Lot itu. Ia menjelaskan pada Januari 2015, total keseluruhan kunjungan wisatawan mancanegara itu mencapai 93.336 orang. Kemudian, sebanyak 140.145 orang (Februari), 98.640 orang (Maret). "Dari total kunjungan 332.121 orang wisatawan mncanegara itu, untuk anak-anak mencapai 15.298 orang dan 316.823 (dewasa)," ujarnya.

Ketut Toya menambahkan untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan tersebut, pihaknya secara berkesinambungan terus berupaya melakukan perbaikan infrastruktur objek wisata itu diantaranya peremajaan fasilitas untuk pejalan kaki (trotoar).

Sedangkan untuk menjaga keamanan para pengunjung yang menikmati objek wisata itu tersebut, kata dia, pihaknya juga melibatkan puluhan pecalang, satpam dan enam personil "lifeguard". "Dengan melakukan upaya tersebut diharapkan dapat terus menambah kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Lot dan wisatawan terpuaskan saat menikmati panorama keindahan `sunset` di tempat ini," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015