Nusa Penida (Antara Bali) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kawasan Koservasi Perairan (KKP) Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali melaksanakan latihan penyelaman (diving) sebagai upaya mengembangkan keterampilan generasi muda setempat dalam mendukung pengembangan wisata bahari.

"Pelatihan menyelam itu sangat penting bagi masyarakat setempat untuk mengawasi dan memantau terumbu karang di kawasan KKP," kata petugas UPT KKP NUsa Penida, I Nyoman Karyawan, Selasa.

Perairan laut Nusa Penida telah ditetapkan sebagai kawasan koservasi, sehingga menuntut semua elemen masyarakat ikut terlibat di dalamnya. Pengenalan latihan menyelam itu dengan harapan masyarakat nantinya ikut secara aktif mengawasi terumbu karang di perairan tersebut.

"Dengan belajar menyelam secara tidak langsung tahu keberadaan terumbu karang yang kondisinya sangat bagus, sekaligus sebagai bahan promosi dan pemberdayaan kepada masyarakat luas," ucapnya.

I Nyoman Karyawan menambahkan, masyarakat pesisir dan perbukitan di pulau yang terpisah dengan daratan Bali itu mempunyai peran penting dalam menjaga kawasan koservasi.

  Ditetapkannya Nusa Penida menjadi KKP, pelestarian terumbu karang wajib dilakukan. Pelatihan tersebut melibatkan 17 orang yang berasal dari daerah pesisir. Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan pihak Coral Triangle Center , FNPF & UPT dan KKP Nusa Penida. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Santana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015