Denpasar (Antara Bali) - Kelompok Nelayan Mina Asih, Sanur Kaja, Denpasar Bali mengharapkan pemerintah membantu nelayan dengan membangun dermaga perikanan di Pantai Matahari Terbit yang posisinya bersebelahan langsung dengan Pantai Sanur.

"Apabila dermaga perikanan dibangun di kawasan Pantai Matahari Terbit, Sanur menjadi pusat pasar ikan untuk menjaga kestabilan harga hasil tangkapan nelayan," ujar Wayan Sindu, selaku Bendahara Kelompok Nelayan Mina Asih, Sanur Kaja, di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan rencana pembangunan dermaga penyeberangan memang sudah ada melayani rute Sanur tujuan Nusa Penida dan Nusa Lembongan, namun akan semakin bagus jika dibangun juga dermaga perikanan, sehingga kawasan ini menjadi minapolitan.

Menurut dia, membangun dermaga perikanan berdampak besar bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat nelayan yang kini masih hidup di bawah garis kemiskinan, karena hasil tangkapannya kurang dan terbentur harga rendah saat hasil tangkapan dijual.

Dengan adanya dermaga itu, masyarakat juga dapat menikmati hasil olahan ikan nelayan saat berkunjung ke Pantai Sanur dan sekitar Pantai Matahari terbit, hal ini akan menambah nilai ekonomis bagi masyarakat setempat.

Selain itu, dengan adanya dermaga ikan tersebut masyarakat Kota Denpasar dapat melakukan aktifitas jual beli ikan, dimana yang menjadi pengepul hasil tangkapan itu adalah masyarakat Sanur itu sendiri. Dengan adanya dua unsur tersebut (dermaga ikan dan koperasi) diharapkan tidak merugikan para nelayan dan harga ikan tetap stabil sesuai dengan biaya pengeluaran nelayan saat ini. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015