.Jayapura (Antara Bali) - Muhammad Rifai Darus yang merupakan putra daerah Papua terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada Kongres XIV yang digelar di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Dari ruang sidang Kongres XIV KNPI itu, wartawan Antara melaporkan, Muhammad Rifai Darus yang akrab disapa MRD mengungguli saingannya Ahmad Sahroni dalam tahapan pemilihan Ketua Umum DPP KNPI sekaligus ketua tim formatur, yang berlangsung sejak Sabtu (28/2) malam yang baru berakhir Minggu sekitar pukul 05.00 WIT.

Pemilihan berlangsung dalam dua putaran, setelah pada putaran pertama Rifai dan Sahroni meraih suara terbanyak pertama dan kedua, namun belum mencapai 50 persen tambah 1 untuk bisa langsung meraih kemenangan.

Pada pemilihan putaran pertama, diikuti oleh delapan kandidat calon Ketua Umum DPP KNPI, yakni Ahmad Sahroni, Muhammad Rifai Darus, M Guntur, Maruli Silaban, Arif Mustofa, Arnold Udam, Bintang Prabowo, dan Abidam C Yadash.

Setelah itu dilakukan pemilihan putaran kedua, dan hasilnya dari total 184 suara, Rifai Darus unggul dengan selisih perolehan suara cukup jauh yakni 121 suara untuk Rifai dan 63 suara untuk Ahmad Sahroni.

"Dengan demikian saya menyatakan Muhammad Rifai Darus ditetapkan sebagai Ketua Umum DPP KNPI periode 2015-2018, sekaligus sebagai Ketua Tim Formatur hasil Kongres XIV KNPI," kata Safaat Perdana, sebelum mengetuk palu tanda pengesahan hasil kongres. (WDY)

Pewarta: Oleh Anwar Maga

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015