Denpasar (Antara Bali) - Bali memberangkatkan 166.233 penumpang melalui sejumlah pelabuhan laut di daerah ini selama bulan Desember 2014, naik 3,11 persen dibanding bulan sebelumnya tercatat 161.217 orang.

"Penumpang tersebut menuju ke berbagai daerah di nusantara, khususnya kawasan timur Indonesia," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panusunan Siregar di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan, kondisi penumpang tersebut jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya (2013) juga mengalami kenaikan sebesar 8,30 persen yakni sebanyak 150.248 penumpang.

Bali memiliki lima pelabuhan laut yang terdiri atas pelabuhan Gilimantuk (Bali barat) yang menghubungkan dengan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Pelabuhan Padangbai (Bali timur) yang menghubungkan dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu juga melabuhan Benoa, Denpasar yang berfungsi untuk pelabuhan penumpang ke berbagai daerah tujuan Indonesia timur, disamping juga pelabuhan wisata dan pelabuhan perikanan.

Demikian pula Pelabuhan Celukan Barang di Kabupaten Buleleng, Bali utara yang berfungsi sebagai pelabuhan angkutan barang, disamping Pelabuhan Nusa Penida, yang khusus melayani penyeberangan lokal di Bali.

Panasunan Siregar menjelaskan, pelabuhan laut di Bali tersebut juga melayani angkutan barang sebanyak 39.929 ton selama bulan Desember 2014, naik 1,10 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 39.494 ton. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015